Lestarikan Seni Budaya, Pemnag Aia Manggih Pasaman Gelar Festival Randai

Milna Miana
- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:16 WIB
Pemerintah Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, bakal menggelar festival randai, pada 13 Desember 2021 nanti.
Pemerintah Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, bakal menggelar festival randai, pada 13 Desember 2021 nanti.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Melestarikan budaya Minangkabau, Pemerintah Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, bakal menggelar festival randai, pada 13 Desember 2021 nanti.

Walinagari Aia Manggih, Abdi Yusran mengatakan, festival randai itu digelar dalam rangka melestarikan seni tradisional budaya Minangkabau ditengah masyarakat agar tidak tergerus oleh zaman.

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemnag Sitombol Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele

"Selain dalam rangka melestarikan budaya kita (Minangkabau), juga untuk menambah kecintaan pemuda dan pemudi Nagari Aia Manggih terhadap kesenian tradisional daerah," ujar Abdi Yusran di Lubuk Sikaping, Rabu (8/12/2021).

Pihaknya, kata dia, sudah menyiapkan sejumlah hadiah bagi para pemenang pada festival randai itu nantinya. Untuk itu, ia berharap para pemuda dan pemudi setempat segera mendaftarkan grup randainya masing-masing.

Baca Juga: Dorong Optimalisasi Vaksinasi, Pemnag Manggopoh Buka Gerai Vaksin

"Sudah kita siapkan. Juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp1 juta, juara II Rp750 ribu dan juara III sebesar Rp500 ribu. Mari ikuti dan daftarkan group randai anda," katanya.

Randai, kata Abdi, merupakan kesenian khas minangkabau karena hanya terdapat diminangkabau. Randai memiliki fungsi sebagai seni pertunjukan hiburan yang di dalamnya mengandung pesan moral dan nasehat.

"Dengan menampilkan kesenian-kesenian itu dalam berbagai event, hendaknya mampu membangkitkan keinginan generasi muda untuk mempelajarinya," pungkas Abdi. (Yudi Lubis)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pelaku UMKM Padang Panjang Puji Layanan Premium PLN

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:41 WIB

Wako Solok Hadiri Raker Dewan APEKSI di Malang

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:54 WIB
X