Antisipasi Penyakit Masyarakat, Nagari Ampangpulai Pesisir Selatan Lahirkan Pernag

Nova Anggraini
- Kamis, 9 Desember 2021 | 06:05 WIB
Efridinal
Efridinal

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Untuk lebih tertibnya tempat Kawasan Wisata Mandeh dan mengantisipasi Penyakit Masyarakat (Pekat) khususnya Nagari Ampangpulai kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Peisir Selatan, nagari tersebut membuat Peraturan Nagari (Pernag) tentang Ketenteraman dan Ketertiban Masyarakat (Trantibmas).

Dibuatnya pernag tersebut untuk mengantisipasi penyakit masyarakat yang bertentangan dengan norma norma adat dan agama. Saat ini pernag yang dirancang oleh pemerintahan Nagari Ampangpulai tinggal pengesahan dan sekarang sudah diajukan kekabupaten.

Pernag tersebut sangat dibutuhkan oleh Nagari Ampangpulai sebab dinagari tersebut merupakan kawasan wisata Batukalang dan Wisata Taluak Sakulo. Dan memperkuat pemerintah nagari dalam mengambil sikap dan menindak bagi pelanggar.

Wali Nagari Ampangpulai Efridinal mengatakan " untuk menertibkan kawasan wisata dan batasan waktu tempat hiburan, kususnya iburan malam, kita telah menyusun pernag tentang tramtibmas, insyaallah dalam bulan ini sudah kita sahkan bersama bamus" katanya saat ditemui diruangan kerjanya, Senin, (6/12-2021).

Menurutnya pernag yang dibuat oleh pemeritahan nagari tersebut berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum. Dalam pernag tersebut juga diatur tentang batasan hiburan malam.

" Dalam pernag yang kita buat kita berpedoman pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2016, tujuan kita membuat pernag ini supaya pemerintahan nagari kuat dalam menindak kalau ada yang melanggar," ujarnya.

Ditegasnya, pernag tersebut akan disusul dengan peraturan wali nagari (perwanag) yang akan mengatur tentang sangsi yang akan diberikan kepada yang melanggar pernag tersebut.

"Kita juga akan membuat perwanag untuk mempertegas sangsi dari turunan pernag itu, dalam pembutan pernag tersebut kami dapat dukungan dari semua kalangan, seperti ninik mamak, alim ulama tokoh masyarakat dan pemuda," pungkasnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X