UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Pesisir Selatan Maksimalkan Penerimaan Pajak Daerah

Nova Anggraini
- Kamis, 9 Desember 2021 | 11:09 WIB
Zul Akmal
Zul Akmal

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya meningkatkan penerimaan pajak daerah bekerjasama dengan stakeholder yang ada.

Kepala Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat Kabupaten Pesisir Selatan, Zul Akmal, Rabu (8/12) di Painan mengatakan, untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah itu, pihaknya juga melakukan sejumlah langkah strategis.

Antara lain, melaksanakan razia Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bekerjasama dengan Satlantas Polres Pesisir Selatan. Kegiatan itu dilaksanakan secara rutin pada 15 kecamatan yang ada.

Melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kendaraan bermotor yang sudah pindah tangan supaya diurus balik nama. Melakukan razia rokok ilegal berkerjasama dengan Satpol PP Kabupaten Pesisir Selatan.

Dalam razia itu juga diberikan sosialisasi kepada pedagang dan masyarakat umum agar tidak menjual atau membeli rokok yang tida ada cukai. Memaksimalkan pendapatan pajak air permukaan pada 8 perusahaan, sekaligus mendaata perudahan lain yang memiliki potensi penerimaan pajak air permukaan.

Melaksanakan program kerja untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah dengan mendata kendaraan TDU (Tidak Daftar Ulang). Langkah yang dilakukan untuk pendataan TDU yaitu memberikan surat peringatan kepada masyarakat pemilik kendaraan TDU tersebut.

Pendataan kendaraan TDU itu rutin dilakukan, sekalugus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di setiap kecamatan. Selanjutnya, Kantor UPTD Pengelolaan Panedapatan Daerah ini berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Berikutnya, mengoperasionalkan Samsat Keliling untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan yaitu Batang Kapas, Lengayang, Basa Ampek Balai Tapan, Air Pura, Lunang dan Silaut. "Pelayanan Samsat Keliling melayani pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor," ungkapnya.

Diharapkan kepada masyarakat agar membayar pajak tepat waktu agar terhindar dari denda. Kepada pemerintah daerah agar memaksimalkan kerjasama dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak daerah.(*)

 

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X