Dukung Pertanian di Pesisir Selatan, Peningkatan Infrastruktur Jalan jadi Prioritas

Nova Anggraini
- Kamis, 9 Desember 2021 | 15:34 WIB
Petani menanam padi.
Petani menanam padi.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Besarnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) di sektor pertanian, menjadi salah satu alasan bagi daerah itu meningkatkan infrastruktur jalan untuk menunjang sentra ekonomi pertanian menjadi prioritas.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pessel, Widya Dari, mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (8/12) bahwa infrastruktur jalan penunjang ekonomi pertanian di daerah itu perlu mendapat perhatian pemerintah, agar kawasan-kawasan yang dijadikan sebagai sentra produksi bisa tergarap secara maksimal.

Dijelaskannya bahwa saat ini luas lahan pertanian khususnya sawah, serta lahan yang berpotensi cetak sawah di daerah itu masih sangat luas.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), luasnya mencapai 30.416 hektare. Untuk penggarapan, tentu membutuhkan sarana infrastruktur agar kawasan-kawasan yang bisa dikembangkan bisa terjangkau dan diakses oleh masyarakat," katanya.

Harapan itu disampaikannya agar sektor pertanian tetap menjadi idola dan diunggulkan oleh masyarakat dalam menopang kekuatan ekonomi keluarga, disamping juga potensi lainnya.

"Dengan ditunjang infrastruktur jalan yang memadai, maka investasi yang sudah dilakukan di sektor pertanian tidak lagi menjadi sia-sia. Sebab pengembangan kawasan pertanian sudah dilakukan secara beriringan dengan peningkatan infrastrukturnya," ucap Widya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR) Pessel, Syahriwan, ketika dihubungi mengatakan, estimasi minimal anggaran bidang pekerjaan umum pada 2022 di daerah itu sebesar Rp 65 miliar. Sumber terbesarnya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian PU.

Titik berat kegiatan memang sebagai penunjang kawasan ekonomi seperti sentra pertanian. Apalagi, pertanian merupakan penopang utama ekonomi daerah. Sebagian besar pertumbuhan disumbangkan sektor pertanian.

"Karena sektor pariwisata juga diyakini sebagai penopang sumber utama perekonomian masyarakat di masa datang, sehingga selain infrastruktur pertanian, kita juga fokus terhadap infrastruktur pariwisata. Namun secara bertahap kebutuhan itu akan terus dijawab sesuai, termasuk juga tahun 2022 nanti," timpalnya.(*)

 

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X