Sekda: Emak-emak Bukittinggi dan Agam Sumbang Harta Benda Beli Pesawat RI Pertama

- Kamis, 9 Desember 2021 | 16:15 WIB
Suasana Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perempuan Mengawal Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Novotel Bukittinggi (diskominfo)
Suasana Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perempuan Mengawal Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Novotel Bukittinggi (diskominfo)

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sekda Kota Bukittinggi, Martias Wanto membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Perempuan Mengawal Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Novotel Bukittinggi, Kamis (9/12/2021).

Acara yang diadakan Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) tersebut diikuti dari perwakilan berbagai organisasi wanita se-Bukittinggi.

Baca Juga: Penerima Dosis Pertama Vaksin Covid-19 di Bukittinggi Sudah 90%

Sekda apresiasi inisiatif KISB yang telah melibatkan peran perempuan dalam mengawal pengamalan UU Keterbukaan Informasi Publik.

"Sejarah mencatat kaum Rang Gadih, Puti Bunsu dan Bundo Kanduang selalu punya peran besar dalam pembangunan dan kemashalatan masyarakat, para 'emak-emak' Bukittinggi dan Agam lah yang beriyur harta benda untuk membeli pesawat RI pertama,” ujar Martias Wanto.

Baca Juga: Masyarakat Bukittinggi Antusias Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Museum

Dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Pemberdayaan perempuan diyakini sebagai solusi cepat dan tanggap dalam memastikan KIP itu terealisasi.

Tanti Endang Lestari, Komisioner Bidang Kelembagaan KISB menuturkan, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar KISB dalam memberdayakan kaum wanita untuk mengawal KIP.

“Ini bagian ikhtiar KISB bagaimana kaum perempuan harus berada di garda terdepan dalam penerapan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), perempuan kawal KIP ini angin segar bagi KISB makin boomingkan keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih Laba Rp416,29 Miliar pada Tahun 2021

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:49 WIB

Bantu Pemasaran UMKM, Pemkab Agam Bakal Bentuk BUMD

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:26 WIB

Bupati Agam Hadiri Milad IKLA Provinsi Riau ke-21

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:15 WIB

Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:30 WIB
X