Pemkab Agam Gandeng BP2MI, Siapkan Tenaga Kerja Terampil dan Profesional

- Kamis, 9 Desember 2021 | 21:26 WIB
Penandatangan nota kesepakatan yang dilakukan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman bersama Kepala BP2MI, Benny Rhamdani (AMC News)
Penandatangan nota kesepakatan yang dilakukan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman bersama Kepala BP2MI, Benny Rhamdani (AMC News)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam gandeng Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), dalam menempatkan dan beri perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Hal ini ditandai dengan penandatangan nota kesepakatan yang dilakukan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman bersama Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, di aula BP2MI Jakarta Selatan, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Pemkab Agam Latih Konvensi Hak Anak Bagi Dunia Usaha dan Penyedia Layanan

Dilansir dari Agam.Media Center (AMC), Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman mengatakan, pihaknya menggandeng BP2MI ini bukti keseriusan pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi PMI, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 18 tahun 2017.

“Untuk itu kita akan berupaya menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan profesional, agar mereka mendapatkan peluang kerja di luar negeri. Tentu ini juga bisa menekan angka pengangguran di Agam,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Agam Gelar Pelatihan Penguatan SDM Bagi Bacaleg Perempuan

Upaya dilakukan sesuai kerjasama yang telah disepakati seperti, pelaksanaan pendidikan, pelatihan keterampilan, fasilitasi penempatan dan perlindungan, sosialisasi dan koordinasi.

Tidak hanya itu, Pemkab Agam juga bersinergi dengan BP2MI dalam pemberantasan sindikasi penempatan ilegal pekerja migran Indonesia.

“Menyambut kerjasama ini, di 2022 kita mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI ini, serta pelatihan bahasa Jepang,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X