Tembus 50%, Penduduk Usia Kerja Sumbar Didominasi Milenial

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 17:15 WIB
Wagub Sumbar Audy Joinaldy.
Wagub Sumbar Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy mengingatkan pentingnya soft skill bagi enterpreneur yang berkiprah di berbagai bidang lapangan kerja untuk mendukung perkembangan usaha di masa depan.

"Apapun pekerjaan, meski berkaitan dengan hard skill, tetapi soft skill yang tetap dimiliki untuk mencari bahkan menciptakan peluang yang lebih besar ke depan," katanya saat menghadiri penutupan acara Bimbingan Teknis Manajemen Enterpreneur di Hotel Grand Zuri.

Baca Juga: 531.560 Penduduk Usia Kerja Masih Terdampak Covid-19 di Sumbar

Soft skill itu diantaranya cara berkomunikasi hingga cara negosisasi. Untuk bisa mendapatkan kemampuan itu perlu latihan dan pengetahuan yang luas.

Ia menyebut dalam era industri 4.0 dan society 5.0 hard skill bukan segalanya. Kemampuan untuk menjadi tukang cukur umpamanya bisa dimiliki semua orang dengan berlatih. Tetapi tidak semua yang memiliki kemampuan soft skill.

Baca Juga: Ekonomi Sumbar Tumbuh di Tengah Naiknya Jumlah Pengangguran

"Ini juga harus menjadi perhatian ke depan karen soft skill ini juga perlu diberikan pelatihan," katanya.

Audy menyebut Sumbar memiliki potensi SDM yang tinggi karena lebih dari 50 persen penduduk adalah usia kerja yang didominasi kaum milenial. Potensi itu harus dikelola dengan baik agar bisa berkontribusi pada pembanngunan daerah.

"Untuk memaksimalkan potensi ini, kami punya program menciptakan 100 ribu enterpreneur. Jangan dibayangkan enterpreneur itu punya usaha besar, toko besar atau usaha yang banyak. Enterpreneur adalah tentang kreatifitas, inovasi dan ide," katanya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X