Mendes PDTT Godok Formulasi Dana Desa untuk Jorong di Sumbar

- Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:50 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi RI Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. A. Halim Iskandar, M.Pd menyebut pihaknya tengah berjuang untuk meramu formulasi agar dana desa untuk Sumatera Barat bisa lebih proporsional dengan tidak lagi diberikan kepada desa atau nagari tetapi kepada jorong.

"Jumlah nagari di Sumbar hanya 923 sementara jorong sampai 2000. Karena itu kami tengah berjuang agar untuk Sumbar, dana desa ini bisa diberikan kepada jorong, tidak desa atau nagari seperti sebelumnya," katanya di Padang, Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga: Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar Dijadwalkan Peringati Hari Bhakti Transmigrasi ke-71 di Pesisir Selatan

Ia mengatakan itu saat menghadiri Launching Pengembangan Kapasitas Sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat desa, daerah tertinggal, dan transmigrasi melalui program merdeka belajar kampus merdeka sekaligus penanda tanganan PKB (Perjanjian Kerja Bersama) di Convention Hall Unand.

Menurutnya upaya itu tidak akan mudah. Namun upaya tetap dilakukan dan mudah-mudahan bisa terealisasi secepatnya.

Baca Juga: Mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Ini Agenda Mendes PDTT Selama di Sumbar

"Doakan semoga bisa terealisasi," ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa alternatif yang sebelumnya dipertimbangkan, tetapi tidak jadi dilakukan karena sangat rumit. Alternatif itu diantaranya mengubah jorong menjadi setingkat desa sesuai UU. Tapi akan terbentur banyak aturan dan banyak perubahan struktur pemerintahan yang harus dilakukan.

Melakukan pemekaran juga sulit dilakukan karena akan banyak perangkat yang harus disiapkan, apalagi saat ini masih dalam kondisi moratorium.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X