Sejumlah Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tuntas di Pasbar

- Senin, 13 Desember 2021 | 17:03 WIB
Kabid PSDA PUPR Kabupaten Pasaman Barat, Eldon Maron saat melakukan monitoring kesalah satu proyek irigasi di Kecamatan Talamau.
Kabid PSDA PUPR Kabupaten Pasaman Barat, Eldon Maron saat melakukan monitoring kesalah satu proyek irigasi di Kecamatan Talamau.

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Meskipun masih dalam kondisi pandemi covid 19 yang melanda beberapa tahun belakangan ini, Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tetap memperhatikan nasib dan kesejahteraan petani.

Hal itu dibuktikan dengan adanya pembangunan empat proyek jaringan irigasi (IPDMIP) strategis di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasbar.

Rehab dan pembangunan baru jaringan irigasi itu dilakukan guna meningkatan Indek Pertanaman (IP), sehingga diharapkan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pasbar, Jhon Edwar mengatakan kepada harianhaluan.com Senin, (13/12/2021) mengatakan, dengan selesainya pekerjaan rehabilitasi sejumlah jaringan Irigasi tersebut, dirinya berharap kedepannya hasil pertanian masyarakat, khususnya padi juga dapat meningkat, karena keberadaan areal persawahan di Kabupaten Pasbar masih sangat banyak dan masih memiliki potensi untuk di kembangkan.

"Semoga pembangunan irigasi ini dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat, sehingga juga akan berdampak kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para petani untuk kedepannya," ujarnya.

Selain itu, Jhon Edwar, ST juga berharap kepada petani pemakai air (P3A) bersama-sama dengan petani dapat menjaga dan memelihara saluran irigasi yang telah dibangun tersebut, sehingga saluran irigasi tersebut dapat berfungsi lebih lama dan terus mengaliri air ke areal persawahan dan pertanian masyarakat.

"Mari kita jaga bersama, sehingga bisa dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama, karena jaringan irigasi ini adalah milik kita dan untuk kita bersama," ungkapnya.

Disamping itu, Kepala Bidang (Kabid) PSDA PUPR Kabupaten Pasbar, Eldon Maron, ST mengatakan, empat unit proyek rehabilitasi jaringan irigasi IPDMIP tersebut diantaranya adalah, jaringan irigasi Batang Sopan yang berada di Kenagarian Kajai Kecamatan Talamau yang dikerjakan oleh CV. Vania dengan nilai kontrak sebesar Rp1.266.490.000. Selanjutnya jaringan irigasi di Bunut Alamanda Kecamatan Kinali yang dikerjakan oleh CV. JASA KAWAN dengan nilai kontrak sebesar Rp1.284.219.000

"Selain itu, jaringan irigasi Talang Kuning Rp. 1.513.636.000, dikerjakan oleh CV. AIE BAREH dan Irigasi Tanjung Durian Rp. 1.621.742.000, dikerjakan oleh CV. A.K.U. Kontruksi, keduanya berada di Kecamatan Gunung Tuleh," jelasnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X