Proyek Irigasi Batang Sontang Tuntas, DPUTR: Agar Tidak Jadi Temuan Bagian Lantai Harus Diperbaiki

- Rabu, 15 Desember 2021 | 22:15 WIB
Pengerjaan jaringan irigasi DI Batang Sontang di Pasaman saat diPHOkan.
Pengerjaan jaringan irigasi DI Batang Sontang di Pasaman saat diPHOkan.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Pengerjaan rehabilitasi jaringan irigasi Daerah Irigasi (DI) Batang Sontang, di Nagari Sontang Cubadak, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, rampung sudah setelah 165 hari lamanya dikerjakan.

Rampungnya pengerjaan jaringan irigasi itu ditandai dengan serah terima sementara pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO) antara pelaksana kegiatan, PT Ady Permana Putratama dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Pasaman, Rabu (15/12/2021).

Dari informasi yang dihimpun, ada beberapa catatan penting yang diberikan oleh DPUTR kepada pihak rekanan, untuk segera dikerjakan sebelum masa pemeliharaan berakhir.

"Kerjanya, sepanjang yang kita lihat dilapangan cukup puaslah. Aktual cek dilapangan, sesuailah," kata Kepala Bidang Pengairan DPUTR Pasaman, Donny Indra Putra menjawab pertanyaan harianhaluan.com.

Namun, kata Donny, ada beberapa titik yang perlu diperbaiki oleh pihak rekanan agar tidak menjadi temuan oleh lembaga berwenang nantinya. Hal itu penting dilakukan agar nama perusahaan tetap terjaga dengan baik.

"Ada beberapa catatan, yaitu pada bagian lantai yang harus diperbaiki segera. Sudah kita sampaikan langsung ke rekanan agar segera dikerjakan," katanya.

Apalagi diawal tahun, kata Donny akan banyak pemeriksaan dari lembaga berwenang terhadap kegiatan fisik yang dananya bersumber dari APBN maupun APBD. salah satunya oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Di bulan Januari besok, akan ada pemeriksaan dari BPK. Jadi, penyempurnaan pada lantai harus segera dikerjakan. Sebelum pencairan itu sudah dikerjakan," kata Donny.

Rampungnya pengerjaan jaringan irigasi DI Batang Sontang ini mampu mengaliri puluhan hektar sawah dan kolam ikan di wilayah itu. Pengerjaan jaringan irigasi sepanjang 800 meter itu telan dana Rp4 miliar.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X