Sungai Jujuhan Dharmasraya Menghitam, Begini Kata Dinas Lingkungan Hidup

- Kamis, 16 Desember 2021 | 11:57 WIB
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya ambil sample di sungai Jujuhan yang diduga tercemar oleh limbah pabrik sehingga mengancam ekosistem pada pagi Kamis (16/12/2021).
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya ambil sample di sungai Jujuhan yang diduga tercemar oleh limbah pabrik sehingga mengancam ekosistem pada pagi Kamis (16/12/2021).

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dharmasraya ambil sample di sungai Jujuhan yang diduga tercemar oleh limbah pabrik sehingga mengancam ekosistem pada pagi Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Diduga Limbah Pabrik! Air Menghitam, Ekosistem Sungai Jujuhan Dharmasraya Terancam

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dharmasraya, Erina mengatakan bahwa tim sudah turun ke lokasi untuk mengambil sample air sungai yang diduga tercemar oleh limbah pabrik.

"Kita akan telusuri. Kita belum bisa memastikan dan bicara pencemaran kalau belum diuji dan keluar hasil labornya, apakah melebihi baku mutu atau tidak. Kalau dari segi warna dan video yang dikirim memang tidak bening lagi airnya," katanya ketika dihubungi harianhaluan.com

Kemudian, imbuhnya jika memang itu limbah pabrik tentunya bakal mencemari sungai, apalagi di lokasi sungai ada lubuk ikan larangan yang belum dipanen tentu berdampak pada keracunan ikan dan masyarakat yang menggunakan air sungai juga terganggu.

"Kalau pencemaran itu dari pabrik PT KSI, itu masuk wilayah Solok Selatan. Kita karena terdampak tetap tindaklanjuti dan memberikan laporan. Tapi yang berkompeten nanti itu pihak provinsi Sumbar," sebutnya.

Sebelumnya, Sungai Jujuhan di kabupaten Dharmasraya berubah warna menjadi hitam, ekosistem terancam rusak. Hal itu disampaikan Wali Nagari Sinamar, Kecamatan Asam Jujuhan, Marzuki pada Kamis (16/12/2021).

"Air sungai Jujuhan diketahui berubah warna hitam dan berasal dari limbah pabrik sawit. Kondisi ini sejak tadi pagi. Ikan banyak melompat kepinggir sungai dan dikumpulkan warga," kata Marzuki.

Menurutnya, sungai Jujuhan melewati dua nagari yakni Nagari Sinamar dan Nagari Tanjuang Alam yang bermuara di Sungai Batang Hari, Jambi. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X