Telusuri Sebab Sungai Jujuhan Hitam, Dinas Perkim LH Solsel: Jika Disengaja Ada Hukuman Pidana

- Kamis, 16 Desember 2021 | 13:48 WIB
Sungai Jujuhan Dharmasraya tercemar air warnanya hitam
Sungai Jujuhan Dharmasraya tercemar air warnanya hitam

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Tim Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup (Perkim LH) Solok Selatan (Solsel) telusuri penyebab tercemarnya sungai Jujuhan. Pasalnya, diduga penyebabnya karena limbah pabrik perusahaan sawit PT Kencana Sawit Indonesia (KSI) yang berada di Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) Kabupaten Solsel.

Baca Juga: Sungai Jujuhan Dharmasraya Menghitam, Begini Kata Dinas Lingkungan Hidup

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkim LH Solsel, Novi Hendrix ketika dihubungi harianhaluan.com, Kamis 16 Desember 2021 mengatakan bahwa pihaknya tengah menelusuri ke lokasi perusahaan untuk memastikan penyebab sungai Jujuhan tercemar dan berwarna hitam.

Baca Juga: Diduga Limbah Pabrik! Air Menghitam, Ekosistem Sungai Jujuhan Dharmasraya Terancam

"Lokasi perusahaan berada di kecamatan SBJ. Selain tim Pemkab Solsel. Tim dari Dinas Lingkungan Hidup provinsi Sumbar juga sudah menuju ke sini," katanya.

Novi Hendrix menyatakan berdasarkan informasi yang ia peroleh diduga memang ada kebocoran kolam limbah pabrik PT KSI. Namun, kolam tersebut sudah tidak terpakai lagi.

"Keterangan pihak perusahaan tadi kolam tersebut sudah tidak aktif. Dan kemungkinan bendungan kolam bocor karena faktor alam dimana intensitas hujan cukup tinggi. Sekarang sudah ditutup," bebernya.

Dia menyebutkan, apabila benar terjadi 'force majeure' karena faktor alam atau keadaan yang tidak dapat dihindari. Maka, bisa dikatakan hal ini tidak disengaja dilakukan oleh perusahaan sehingga akan diberikan sanksi berupa surat peringatan.

"Jika karena faktor alam maka diberikan Peringatan berupa sanksi administrasi untuk kembali melakukan dan memperkokoh bendungan kolam yang bocor tersebut," ucapnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X