Liburan di Depan Mata, Simak Tips Simpel Pilih Hotel yang Terapkan Prokes dengan Baik

Nova Anggraini
- Minggu, 19 Desember 2021 | 11:25 WIB
hotel, ilustr.
hotel, ilustr.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di masa pandemi, banyak pertimbangan sebelum menentukan di hotel mana akan menginap. Tak cuma berapa tarif yang dipatok, sendirian, berdua, atau bersama anak-anak, fasilitas, penting juga mengetahui apakah pengelola hotel menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal untuk mencegah penyebaran virus corona.

Paediatric Nurse Rumah Sakit Universitas Indonesia, Efa Apriyanti berbagi tips sederhana untuk mengetahui apakah suatu hotel sudah maksimal menerapkan protokol kesehatan atau belum.

"Semakin ribet, saya semakin mau pakai hotel itu. Semakin ribet, maka semakin bagus penerapan protokol kesehatannya," ujar Efa dalam webinar "Bicara Sehat Special Sentra Vaksinasi Covid-19 Yayasan Wings Peduli dan RSUI: Menuju New Normal 2022" pada Kamis, 16 Desember 201.

Dia mencontohkan, apabila ada tamu yang berkomentar sulitnya untuk mengakses berbagai fasilitas di suatu hotel karena ada ketentuan baru selama pandemi, artinya pengelola hotel itu bersungguh-sungguh menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Misalkan, ada tamu komplain tidak bisa bermain ke kolam renang karena pada jam-jam tertentu memang ditutup atau ada pembatasan jumlah tamu yang berada di kolam renang, maka itu bagus," katanya.

Calon tamu juga dapat mengetahui apakah hotel yang akan mereka pilih sudah menerapkan standar protokol kesehatan atau belum dengan mengecek sertifikat CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, Sustainability, and Environment dari Kementerian Pariwisata.

Tamu juga dapat mengetahui bagaimana pengelola hotel menerapkan protokol kesehatan sebelum masuk lobi.

Sebelum sampai ke meja reservasi, tamu mesti menjalani berbagai tahap, seperti mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer, menjaga jarak dengan tamu lain, dan sebagainya. Petugas hotel juga menggunakan perlengkapan tambahan, seperti sarung tangan, pelindung wajah, dan tentunya memakai masker.

"Soal harga pun biasanya lebih tinggi karena pengelola hotel tentu membutuhkan biaya untuk menerapkan fasilitas protokol kesehatan," ujarnya. "Jika menemukan hotel yang pelayanannya bagus tetapi belum memiliki sertifikat CHSE, maka jangan mempertaruhkan kesehatan dengan itu."

Saat menggunakan fasilitas umum, misalkan restoran hotel, peralatan olahraga di gimnasium, tempat duduk di tepi kolam renang, duduk-duduk di lobi, dan sebagainya, Efa mengatakan, tak perlu sungkan jika merasa perlu membersihkannya lebih dulu. "Jangan khawatir dibilang parno selama tidak mengganggu orang lain," katanya.(*)

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Berprestasi, Wako Hendri Septa Umrahkan 44 ASN Padang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:15 WIB

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X