Sumbar Miliki 9.989 Penyandang Disabilitas

- Senin, 20 Desember 2021 | 07:45 WIB
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumbar Harneli Mahyeldi
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumbar Harneli Mahyeldi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam situasi negara saat ini di beberapa daerah, adanya tindak kekerasan/kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak. Untuk itu dengan keinginan dan kemauan yang kuat dari diri sendiri maupun bersama-sama, saling membantu dan gotong-royong menghindari, dan menghentikan semua bentuk tindak kekerasan dalam keluarga dan lingkungan.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sumbar Harneli Mahyeldi dalam sambutan tertulis acara Seminar Orang Tua dan Anak Spesial Kota Sawahlunto dalam rangka peringatan Hari Ibu dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2021 se- Sumbar di Kota Sawahlunto, Minggu (19/12/2021).

Baca Juga: Bupati Agam Dikunjungi Puluhan Penyandang Disabilitas

Harneli mengatakan, peringatan Hari Ibu setiap tahunnya tanggal 22 Desember, diselenggarakan untuk mengenang dan  menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang setara dalam mencapai tujuan negara dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi, sosial, politik dan hukum," ujar Harneli.

Baca Juga: Bantu Disabilitas, Wagub Sumbar Desak Dinsos Kirim Surat Audiensi ke Mensos

Harneli menyampaikan, dalam situasi negara yang terjadi saat ini di beberapa daerah, adanya tindak kekerasan/kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak.

"Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang selalu diperingati setiap tanggal 3 Desember, mengandung makna pengakuan akan eksistensi Penyandang Disabilitas, sekaligus peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian bagi perwujudan kemandirian, kesetaraan dan kesejahteraan Penyandang Disabilitas yang tidak boleh tertinggal dalam proses pembangunan," katanya.

Ia juga ingatkan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap problematik Penyandang Disabilitas. Hal ini merupakan bagian dari usaha memperjuangkan tuntutan Penghormatan, Pelindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas secara global sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X