Membahas Potensi Karir di Dunia eSport Bersama MPL

Nova Anggraini
- Rabu, 22 Desember 2021 | 08:55 WIB
e sport
e sport

HARIANHALUAN.COM - Potensi karir di dunia eSport belakangan mulai dilirik dan dianggap sebagai salah satu profesi yang menjanjikan. Dukungan dari pemerintah sejak beberapa tahun yang lalu juga membuat profesi di bidang eSport semakin berkembang.

Sayangnya, gambaran orang mengenai eSport ya hanya sekedar bermain game saja. Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa electronic sport berbeda dengan bermain game biasa.

Pandangan ini masih wajar karena kebanyakan masih menganggapnya sebagai bermain game biasa. Padahal, antara bermain game dengan berkompetisi di eSport sangat berbeda. Ada banyak persiapan untuk seseorang bisa menjadi seorang atlet eSport.

Selain itu, karir di bidang eSport juga bukan hanya sebagai pemain, tetapi masih ada profesi lain. Oleh karena itu, untuk menghapus stigma mengenai eSport yang masih sering disamakan dengan bermain game biasa, mari kita bahas.
Kurang lebih ada 10 jenis potensi karir di dunia eSport yang bisa Anda tekuni, apa saja?

1. Professional Player
Menjadi pemain profesional bukan hal yang mudah, Anda harus benar-benar menguasai game. Latih semua skill yang akan Anda butuhkan pada permainan, dan pastikan bisa memenangkan semua turnamen.

Untuk game yang satu dan yang lainnya pastinya akan membutuhkan keterampilan berbeda. Oleh karena itu, pastikan pilih game yang benar-benar sesuai dengan kemampuan dan pertimbangkan juga ketertarikan Anda.

Apabila sudah tidak tertarik dengan game dari awal, maka akan sulit berkembang. Perlu Anda ingat, bahwa berkompetisi bukan sekedar bermain untuk bersenang-senang. Jadi, ketertarikan pada game penting karena nantinya bisa membantu Anda bertahan dan tidak menyerah di tengah jalan saat ada tekanan.

Untuk game yang bisa Anda mainkan sendiri beragam, yaitu bermain di MPL (Mobile Premier League). Game ini cocok bagi pemula yang baru mau mulai belajar menjadi pemain profesional sekaligus langsung menghasilkan.

Pada MPL Indonesia tersedia berbagai game yang rata-rata merupakan permainan ketangkasan, kelincahan, dan kreatifitas. Ketika berhasil memenangkan pertandingan, reward berupa berlian kemenangan akan langsung Anda dapatkan. Berlian kemenangan ini nantinya bisa Anda tukarkan menjadi saldo e-wallet, menarik bukan?

2. Shoutcaster atau Host
Menjadi shoutcaster atau host (komentator) pertandingan eSport juga profesi yang menjanjikan. Apalagi kalau Anda memang suka melihat pertandingan eSport dan pandai berkomentar.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Aktivitas Fisik Suku Mentawai Pedalaman

Senin, 27 Juni 2022 | 15:25 WIB
X