Solok Selatan Sediakan Lantatur untuk Mudahkan Vaksinasi Masyarakat

- Rabu, 22 Desember 2021 | 22:49 WIB
Sekdakab bersama Wakapolres Solsel
Sekdakab bersama Wakapolres Solsel

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) bersama Polres dan jajaran terkait bakal mengadakan pelayanan tanpa turun (Lantatur) alias drive thru untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan vaksin Covid-19.

Selain itu pelayanan Lantatur juga untuk mengejar target realisasi 70 persen vaksinasi Covid-19. Lantatur bakal diadakan di tiga titik dan bakal dimulai pada Kamis (24/12/2021).

"Vaksinasi drive thru gabungan ini sengaja diberikan guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksin dan bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam membentuk herd immunity atau kekebalan komunal di Solsel," ujar Sekdakab Syamsurizaldi, Rabu (21/12/2021).

Menurutnya, sesuai arahan Bupati dan Wakil Bupati Solsel bahwasannya segala lini akan dikerahkan untuk mencapai 70 persen target realisasi vaksinasi Covid-19 di akhir tahun ini.

"Termasuk kewajiban ASN, Wali Nagari dan Perangkat Nagari untuk masing-masingnya mengajak 5 orang warga untuk divaksin dosis I. Bagi yang tidak memenuhi kewajiban tersebut, tunjangan keuangannya kita tunda," tegasnya.

Sementara itu, Wakapolres Solsel Kompol Yonnis Fendri mengatakan bahwa drive thru yang bersamaan dengan operasi lilin untuk pengamanan natal 2021 dan tahun baru 2022 tersebut difokuskan untuk kegiatan vaksinasi dengan cara penyetopan dijalan terhadap kendaraan yang melintas pada tiga jalur utama.

Yakni didepan Kantor Wali Nagari Lubuk Malako, RTH Padang Aro dan di depan puskesmas Muara Labuh. "Dengan mengerahkan segenap jajaran yang ada seperti dari Polri, TNI, Pol PP, Dishub, BPBD dan PU serta vaksinator dari Dinkes/ Puskesmas terdekat," katanya.

Masing-masing posko menurutnya akan dibagi dalam beberapa shift, dengan jumlah petugas diperkirakan 15 orang setiap shiftnya hingga 2 Januari 2022 mendatang. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X