KSAU Beberkan Alasan Penutupan Bandara Halim

Nova Anggraini
- Kamis, 23 Desember 2021 | 23:05 WIB
Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta
Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta akan direvitalisasi. Salah satunya alasannya karena kondisi run way atau landasan pacu sudah tak rata.

Menurut Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, hal itu pun dirasakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap melakukan kunjungan kerja memalui Lanud Halim. Secara resmi, proses revitalisasi akan dimulai per 1 Januari 2022 mendatang.

"Bandara halim akan ditutup mulai tanggal 1 Januari. Ini adalah perintah presiden karena presiden merasakan betul run way-nya itu sudah kasar. Kemudian, ketika bapak naik pesawat di Halim merasakan sendiri, itu berbeda," ujar Fadjar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu 22 Desember 2021.

Ketidakrataan tersebut diakibatkan usia landasan pacu yang telah tua. Kemudian, tanah di sekitar Lanud Halim mengalami penurunan.

"Sebetulnya sudah kita ketahui hampir dua tahun lalu, di Tahun 2019. Lalu, presiden memerintahkan untuk dilaksanakan perbaikan secara total," tutur Fadjar.

Dia berharap, dari rampungnya proses revitalisasi maka landasan pacu bisa digunakan dalam waktu yang lama. Menurut dia, diperkirakan kelaikannya bisa bertahan mencapai waktu 20 tahun ke depan.

"Selain run way kita juga akan memperluas yang di sisi Angkatan Udara. Juga kita akan merenovasi gedung VIP dan terminal Tni AU," tuturnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X