Usut Korupsi, Rumah Mantan Dirjen Kemendagri Digeledah KPK

Dodi Caniago
- Kamis, 30 Desember 2021 | 05:50 WIB
Iliustrasi
Iliustrasi

HARIANHALUAN.COM - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan penggeledahan di rumah mantan Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Keuda Kemendagri), Ardian Noervianto.

Baca Juga: 35 Dipecat, 120 Personel Polda Riau Peroleh Reward

Penggeledahan diduga terkait dengan penyidikan kasus dugaan suap terkait pengajuan pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah Tahun 2021.

"Pengumpulan alat bukti hingga saat ini sedang berlangsung di antaranya dengan melakukan penggeledahan di beberapa tempat, di antaranya di Jakarta, Kendari, dan Muna Sulawesi Tenggara," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dilansir jurnas.com, Rabu malam (29/12/2021)

Seklain itu, KPK juga telah mencegah Ardian Noervianto ke luar negeri.

Surat pencegahan diterbitkan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

"Yang jelas kemarin itu ada pencegahan terkait dengan Dirjen yang sudah diberhentikan oleh Kemendagri itu kan. Sudah kita cegah," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Juang KPK.

Alex mengatakan, pencegahan ini dilakukan untuk mempercepat proses penyidikan perkara yang dikembangkan dari kasus dugaan suap pengadaan barang/jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara Tahun 2021 tersebut.

"Kenapa kita cegah? Tentu pasti jika penyelidik atau penyidik berkepentingan dengan informasi yang bersangkutan. Supaya kalau dipanggil yang bersangkutan tetap berada di Indonesia," kata Alex.

Diketahui, KPK sedang mengusut kasus dugaan suap terkait pengajuan pinjaman dana PEN Daerah tahun 2021. Penyidikan kasus ini merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap terkait proyek yang berasal dari dana hibah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang menjerat Bupati nonaktif Kolaka Timur, Andi Merya Nur dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Anzarullah.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Jurnas.com

Tags

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X