Pesta Narkorba di Hotel, Oknum Polisi Divonis 7,5 Tahun Penjara

Dodi Caniago
- Jumat, 31 Desember 2021 | 04:50 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Mantan anggota kepolisian dan perwira Satresnarkoba Polrestabes Surabaya Iptu Eko Julianto, akhirnya divonis dengan hukuman selama 7,5 tahun penjara.

Baca Juga: Mantap, Vaksinasi Tahap Partama di Kota Pekanbaru Hamoir Tembus 100 Persen

Majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis, 30 Desember 2021, juga menjatuhkan hukuman denda Rp1 miliar. Apabila tak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan dua bulan.

Dilansir medcom.id,  Iptu Eko kepergok Pesta Narkoba bareng mahasiswi di kamar hotel di Surabaya beberapa waktu lalu.

Hakim menilai Iptu Eko terbukti menguasai sabu-sabu di atas 5 gram sebagaimana dalam berkas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Terbukti melanggar pasal kumulatif yakni Pasal 112 ayat 2 UU nomor 35/2009 tentang Narkotika jo Pasal 62 UU nomor 5/1997 berikut semua unsurnya. Menjatuhkan pidana penjara selama 7 tahun 6 bulan penjara.” kata hakim Yohanes Hehamony,

Oleh JPU, Eko dituntut hukuman 11 tahun penjara dan membayar denda Rp4 miliar, subsider 6 bulan kurungan pada Kamis, 9 Desember 2021 lalu. Selain hukuman badan, terdakwa Eko Julianto juga wajib membayar denda sebesar Rp1 miliar.

“Jika tidak dibayar, diganti kurungan penjara selama 2 bulan,” terang hakim Yohanes Hehamony.

Dalam sidang, hakim juga menyebutkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan sebelum menjatuhkan vonis.

Hal yang memberatkan, terdakwa Iptu Eko Julianto adalah seorang aparat penegak hukum yang seharusnya memberikan teladan yang baik kepada masyarakat. Sedangkan hal yang meringankan terdakwa Iptu Eko adalah polisi yang berpestasi dan sudah menerima banyak penghargaan.

“Menyatakan barang bukti dirampas untuk negara dan dimusnahkan,” tandas hakim Yohanes Hehamony.

Sedangkan untuk terdakwa Aipda Agung Pratidina dinyatakan hakim Yohanes Hehamony terbukti melanggar Pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009, dan dihukum 7,5 tahun penjara denda Rp1 miliar, subsider 2 bulan.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Medcom.id

Tags

Terkini

Rusak Seratus Rumah, Puting Beliung Terjang Karawang

Minggu, 23 Januari 2022 | 01:45 WIB

Bupati Agam Hadiri Milad IKLA Provinsi Riau ke-21

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:15 WIB
X