Lantik 258 Pejabat Fungsional Pemkab Agam, Ini Pesan Wabup Irwan Fikri

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 07:02 WIB
 Wakil Bupati Agam saat pelantikan 258 pejabat fungsional di lingkup Pemkab Agam. (AMC News)
Wakil Bupati Agam saat pelantikan 258 pejabat fungsional di lingkup Pemkab Agam. (AMC News)

LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 258 pejabat fungsional di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam dilantik, Jumat (31/12/2021).

Pejabat yang dilantik merupakan hasil penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH, Datuak Parpatiah mengatakan, pelantikan 258 pejabat fungsional di lingkup Pemkab Agam berbeda dengan pejabat fungsional sebelumnya.

Pasalnya, pejabat yang dilantik merupakan hasil penyetaraan dari jabatan pengawas atau eselon IV ke jabatan fungsional, sebagaimana diatur dalam Permenpan dan RB No. 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi kepada jabatan fungsional.

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Tidak Ada Penutupan Khusus Objek Wisata di Agam

“Pelantikan pejabat fungsional hari ini dilakukan setelah adanya persetujuan Mendagri No. 800/8755/OTDA yang kami terima,” ujar wabup saat memberi sambutan pelantikan.

Wabup menyampaikan, penyetaraan jabatan itu merupakan bagian penyederhanaan birokrasi yang dilakukan untuk memangkas prosedur birokrasi yang panjang dengan menyederhanakan sistem eselon birokrasi.

Peralihan dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional merupakan upaya untuk mewujudkan birokrasi yang fleksibel, efisien dan efektif serta sebagai wujud reformasi birokrasi dalam penyederhanaan organisasi aparatur sipil negara.

Menurutnya, penyetaraan ke jabatan fungsional tersebut bernuansa positif. Pasalnya, penyetaraan tersebut dapat memberikan suasana dan tantangan baru, menimbulkan motivasi baru dengan tugas dan cara kerja yang baru.

Baca Juga: 25 Pengurus LKAAM Kabupaten Agam Dikukuhkan

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X