Masa Inkubasi Varian Omicron Lebih Pendek Dibanding Delta, Simak Penjelasan CDC

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 13:45 WIB
Isolasi Mandiri
Isolasi Mandiri

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Varian Omicron telah masuk ke Indonesia. Hingga 29 Desember 2021, kasus positif Omicron mencapai 68 orang.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan adanya tambahan 21 kasus baru merupakan pelaku perjalanan luar negeri yang terdiri dari 16 WNI dan 5 WNA.

Dilansir dari Health, seiring dengan peningkatan penularan dan gejala yang berpotensi lebih ringan, Omicron mungkin juga memiliki masa inkubasi yang lebih pendek daripada varian Delta dan strain lainnya.

Baca Juga: Jubir Kemenkes: Vaksinasi Mampu Beri Perlindungan dari Varian Omicron

Menurut data baru yang dirilis pada Selasa, 28 Desember 2021, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menunjukkan mungkin hanya perlu tiga hari bagi orang yang terinfeksi varian Omicron untuk menunjukkan gejala.

Melalui penyelidikan lebih lanjut, CDC dan Departemen Kesehatan Nebraska menentukan masa inkubasi rata-rata saat terkena paparan dan timbulnya gejala membutuhkan waktu sekitar 73 jam atau sekitar tiga hari.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Gejala COVID-19 Ini Paling Lama Sembuh

CDC mengatakan bahwa masa ini lebih pendek daripada masa inkubasi sekitar empat hari untuk varian Delta dan masa inkubasi sekitar lima hari untuk varian COVID-19 lainnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

X