Suharjono Desak Pemprov Sumbar Perbaiki Sungai dan Irigasi Rusak Dihantam Bencana

- Kamis, 6 Januari 2022 | 21:11 WIB
Aleg DPRD Sumbar, Fraksi Demokrat, Suharjono bersama Kadis SDA-BK Sumbar, saat meninjau sungai Bt Tingkarang.
Aleg DPRD Sumbar, Fraksi Demokrat, Suharjono bersama Kadis SDA-BK Sumbar, saat meninjau sungai Bt Tingkarang.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM -Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Fraksi Demokrat, Suharjono mendesak Pemprov Sumbar, segera melakukan perbaikan irigasi dan aliran sungai yang rusak di Kabupaten Pasaman, usai dihantam bencana banjir, pada akhir tahun lalu. 

Baca Juga: Mahasiswa KKN Perguruan Tinggi STIH Lubuk Sikaping Bagikan Sembako untuk Masyarakat

"Ini instruksi saya sebagai anggota dewan provinsi, yang mewakili Dapil Pasaman-Pasbar. Kepada pemerintah provinsi, tolong sungai dan irigasi yang rusak dihantam bencana alam segera diperbaiki," kata Suharjono usai meninjau sungai Batang Pancahan dan Batang Tingkarang, Kamis (6/1/2022).

Pasalnya, kata Suharjono, bencana banjir dipenghujung tahun lalu telah merusak Irigasi Pancahan -Lansekkadok, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan, serta merusak belasan hektar lahan pertanian warga. 

Baca Juga: PLN Sumbar Serahkan Bantuan CSR/TJSL untuk Masyarakat Lubuk Sikaping dan Agam

"Kasihan masyarakat, akibat kerusakan itu tanaman padi mereka terancam gagal panen. Demikian pula bagi pembudidaya ikan, terancam mengalami kerugian," katanya. 

Suharjono tidak menginginkan penderitaan masyarakat semakin bertambah menyusul rusaknya fasilitas dan sarana prasarana pada daerah irigasi tersebut. Ia juga meminta pihak terkait segera menggelontorkan dana perbaikan. 

Baca Juga: Petani Tanjung Aro Pasaman Berburu Hama Tikus, Satu Ekor Dihargai Rp1.000

"Ini harus kita perbaiki secepat dan segera mungkin. Makanya, kita bawa Kadis SDA dan BK, BPBD Pemprov Sumbar untuk meninjau ke lapangan. Biar mereka lihat dan tahu. Pusat, provinsi dan kabupaten, harus segera mengalokasikan anggaran untuk itu," imbuhnya. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X