Polda Sumbar Ungkap Penyebab Kebakaran PLTU Teluk Sirih

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 17:49 WIB
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait kebakaran di Belt Conveyor area 78 Pembangkit Unit 1 PLTU Teluk Sirih, Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Polda Sumbar menjelaskan diperkirakan api dari material batu bara yang kering yang mudah terbakar, Sabtu (8/1/2022) sekitar pukul 04:00 Wib.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan
Penyebab kebakaran diperkirakan dari material batu bara yang kering dan mudah terbakar yang disalurkan melalui belt conveyor ke unit pembangkit.

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran PLTU Teluk Sirih di Padang yang Tewaskan 1 Orang

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 04:00 Wib, diperkirakan dari material Batu Bara kering yang disalurkan ke unit pembangkit," ujar Satake.

Dikatakannya, upaya pemadaman dengan menggunakan Hydrant yang sudah terpasang di Pembangkit Unit 1 dan menggunakan 1 (unit) Mobil Pemadam Kebakaran milik PLTU Teluk Sirih.

Baca Juga: PLTU Teluk Sirih di Padang Terbakar, 1 Orang Meninggal

"Jadi pada saat proses pemadaman tersebut terjadi kecelakaan kerja yang menyebabkan korban meninggal dunia An. Firmansyah, 43 Tahun, Caniago Guguk, Safety Protection ( K3 ) PLTU Teluk Sirih, Koto Rt. 02 Rw. 02 Kelurahan Teluk Kabung Tengah, Kota Padang," ungkapnya.

Sementara adanya korban dalam kejadian tersebut menurut keterangan saksi, Satake Bayu menjelaskan An. Jasman, 28 Tahun, Caniago Mandaliko, Safety Damkar K3 PLTU Teluk Sirih, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

"Pada pukul 05.00 Wib saksi bersama korban mendatangi TKP dan memadamkan api yang berada di area BC (belt conveyor) 78 yang berada di lantai 5. Lalu beberapa saat kemudian korban menuju ke lantai atas sendirian dan sudah diingatkan oleh saksi namun korban tetap ke lantai atas," jelasnya

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Akademisi Puji Politik Kerja Andre Rosiade

Senin, 4 Juli 2022 | 17:54 WIB
X