Produk UMKM Kota Pariaman Diliput Stasiun TV Swasta

- Sabtu, 8 Januari 2022 | 23:35 WIB
Produk UMKM Kota Pariaman Diliput Stasiun TV Swasta
Produk UMKM Kota Pariaman Diliput Stasiun TV Swasta

 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kalau berbicara tentang kuliner khas minang "Dendeng", yang terbersit dipikiran kita adalah daging sapi yang diiris tipis, dan dicampur dengan sambal lado merah khas minang, tetapi di tangan ibu Murniati dan ibu Yeni asal Kota Pariaman, dendeng ini dibuat dari bahan sayuran.

Adalah Dendeng Jantung Pisang, buatan ibu Murniati dari Desa Sungai Sirah, Kecamatan Pariaman Timur dan Dendeng Daun Singkong, buatan ibu Yeni dari Desa Pauh Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan ini, sangat tepat untuk para Vegetarian, sehingga menarik stasiun TV Swasta indonesia, yaitu SCTV dan Indosiar, untuk meliput produk UMKM Dendeng Sayuran asal Kota Pariaman ini, Jum'at sore (7/1).

Murniati menceritakan bahwa usaha pembuatan Dendeng Jantung Pisang yang ia lakoni, dimulai awal tahun 2021 yang lalu, dan berlanjut sampai sekarang, dimana ia berpikir untuk memanfaatkan jantung pisang yang banyak berada di kebunya untuk mempunyai nilai tambah dan nilai jual.

Baca Juga: SLTP 1 Kota Pariaman Satu-satunya Sekolah yang Pakai e-Tamu

"Jantung Pisang ini sering terbuang dan jarang orang yang mengkonsumsinya, karena itu saya mulai berpikir untuk membuat Dendeng Jantung Pisang ini, Alhamdulillah, setelah dibuat ternyata banyak teman dan kolega yang suka dan pesan, sehingga saya terus lakukan produksi setiap hari, sampai saat ini," ujarnya.

Ibu Murniati yang juga kader PKK dan anggota KWT (Kelompok Wanita Tani) di desanya ini, juga memanfaatkan teknologi dengan menjualnya di Medsos, bahkan ada beberapa pesanan yang berasal dari luar Kota, dimana ia pernah mendapatkan pesanan dari Bengkulu untuk produk Dendeng Jantung Pisang yang ia buat ini, ungkapnya.

Baca Juga: Wagub Audy Joinaldy Kunjungi Desa Wisata Apar Kota Pariaman

Sementara itu, ibu Yeni yang keseharianya berprofesi sebagai guru ini, pertama ia mengenal Dendeng Daun Singkong ini, ketika menghadiri sebuah bazar, dan ia melihat ada dendeng daun singkong ini yang dijual disana.

"Mulai dari situ, saya penasaran untuk membuat sendiri, dan setelah beberapa kali percobaan, akhirnya saya bisa membuat produk Dendeng Daun Singkong, dan kegiatan ini telah ia lakukan sejak 2 tahun belakangan ini," tuturnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: pariamankota.go.id

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X