Genius Umar Antarkan Langsung Bantuan Kemanusiaan Korban Semeru

- Minggu, 9 Januari 2022 | 21:15 WIB
Genius Umar Antarkan Langsung Bantuan Kemanusiaan Korban Semeru
Genius Umar Antarkan Langsung Bantuan Kemanusiaan Korban Semeru

 


HARIANHALUAN.COM - Walikota Pariaman Genius Umar, Sabtu (9/1/2022) pagi, antarkan sumbangan kemanusiaan bencana letusan gunung Semeru ke Kabupaten Lumajang Prov Jawa Timur.

Bantuan Kemanusiaan Korban Bencana yang dihimpun dari sumbangan ASN Kota Pariaman, diterima secara simbolis oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, sejumlah Rp100 juta.

Genius Umar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan turut duka dari masyarakat Kota Pariaman atas musibah yang melanda daerah Lumajang yang diterpa oleh meletusnya gunung semeru beberapa waktu lalu.

"Maka kita bersama ASN se-Kota Pariaman, berinisiatif untuk sedikit menyisihkan dari rezki kita untuk sedikit membantu para korban yang terdampak letusan gunung semeru ini, semoga masyarakat disini sedikit terbantu dengan bantuan ini. Kita kota Pariaman juga merepukakan daerah yang rawan bencana yaitu gempa dan ancaman tsunami, makanya kalau melihat suatu daerah tertimpa bencana, rasa empati masyarakat pariaman tergugah dan secara spontan berkengininan ikut meringankan beban saudara kita yang di lumajang, " kata Genius kepada Thoriq.

Baca Juga: Launching Sagara Movement, Anis Matta: Kita Juga Bisa Seperti Korea

Kepada Bupati Lumajang, Genius sampaikan Kabupaten Lumajang harus segera bangkit kembali usai dilanda musibah ini, bahkan ia berbagi trik dan tip dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur yang rusak akibat bencana tersebut.

"Perlu perencanaan dan tata kelola pembangunan infrastruktur yang cepat melalui kementerian terkait, karena Kabupaten Lumajang rawan bencana maka diperlukan sistem pembangunan kawasan yang ramah dan aman terhadap bencana alam, seperti pengelolaan aliran lahar, drainase saluran sungai dan ketahanan bangunan terhadap guncangan gempa akibat letusan gunung," ujar Genius.

Baca Juga: Penjualan Ritel Daihatsu di Desember 2021 Naik 22,2%

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyebutkan, saat terjadinya letusan, terdapat 58 orang korban meninggal dunia dan 10.400 orang warga lainnya kehilangan tempat tinggal dan hidup di pengungsian. "Bahkan, untuk mengantarkan bantuan saja kita membutuhkan sepeda motor untuk sampai ke beberapa titik lokasi dan menempuh waktu 20 menit

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: pariamankota.go.id

Tags

Terkini

X