Wabup Agam: Nilai Adat Budaya Harus Mengakar Pada Sikap Perilaku Masyarakat

- Senin, 10 Januari 2022 | 10:10 WIB
Prosesi adat batagak gadang malewakan gala Dt Sirajo  ((AMC News))
Prosesi adat batagak gadang malewakan gala Dt Sirajo ((AMC News))

 

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kaum Suku Caniago Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, baralek batagak gadang malewakan gala Dt Sirajo, di Lubuak Jua, Batu Hampa, Manggopoh, Minggu (9/1/2022).

Gelar sako Dt Sirajo ini dilewakan kepada Sudirman, yang dilakukan secara adat.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Datuak Parpatiah dan Sekdakab Agam, Edi Busti.

“Selamat kepada kaum Suku Caniago yang hari ini menggelar alek batagak gadang malewakan gala kepada Sudirman, dengan memangku gelar adat Dt Sirajo,” ucap Irwan Fikri.

Baca Juga: Soal 'Allahmu Lemah', Ferdinand Hutahaean Diperiksa Polisi Hari Ini

Menurutnya, kegiatan ini terlaksana bentuk dukungan tokoh adat, masyarakat dan pemerintah nagari, dalam mentradisikan adat budaya Minangkabau di nagari.

Wabup mengatakan, bicara adat budaya, sejalan dengan program Pemkab Agam, yang berkomitmen mengembangkannya pada kaum muda sebagai generasi penerus ninik mamak di Minangkabau, khususnya Agam.

“Ini jadi program kita supaya adat ndak lakang dek paneh, ndak lapuak dek hujan, diasak indak layua, dibubuik indak mati,” ujar Irwan Fikri.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB

Padang Panjang Boyong Tiga Penghargaan dari KPK

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:10 WIB
X