Rutan Muara Labuh Lakukan Pencegahan Tantrib dengan Penggeledahan

- Senin, 10 Januari 2022 | 11:02 WIB
Rutan Muara Labuh Lakukan Pencegahan Tantrib dengan Penggeledahan
Rutan Muara Labuh Lakukan Pencegahan Tantrib dengan Penggeledahan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) rutin melakukan upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban (Tantrib).

Baca Juga: Warga Binaan Rutan Muara Labuh Rutin Mengaji Bersama Tiap Pekan

"Rutan Muara Labuh, selalu melakukan upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban yang salah satunya yaitu dengan pelaksanaan penggeledahan blok hunian," kata Kepala Rutan Kelas II B Muara Labuh, Sarwono didampingi Kepala Pengamanan Rutan, Frista Wilza, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Ruzdynal, beserta jajaran yang dilaksanakan di kantor Rutan Negara Kelas IIB Muara Labuh pada Senin (10/1/2022).

Menurutnya, penggeledahan dilakukan pada Sabtu (8/1/2022) berupa penggeledahan badan, kamar dan blok hunian.

Baca Juga: 6 Bulan Pasca 8 Napi Kabur dari Rutan Muara Labuh, Ini Kata Kasat Reskrim Polres Solok Selatan

"Diharapkan dapat menjadi peringatan bagi warga binaan untuk tidak memasukkan barang- barang yang dilarang kedalam Rutan yang dapat memicu terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan Rutan," ungkap Sarwono.

Dia menambahkan, bahwa penggeledahan dilakukan pada lokasi atau tempat yang dicurigai akan menimbulkan gangguan Trantib.

Baca Juga: Kejari Solok Selatan Antarkan OD ke Rutan Muara Labuh

"Penggeledahan yang dilakukan oleh Rutan Kelas IIB Muara Labuh selalu mengikuti aturan yang telah ditetapkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM No. 33 Tahun 2015 tentang Pengamanan Pada Lembaga Pemasyarakatan Dan Rumah Tahanan Negara Bab II Penyelenggaraan Pengamanan Bagian kedua Pencegahan Pasal 8 Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban pada Lapas dan Rutan (huruf d) yang dijelaskan pada pasal 12 (ayat 1)," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X