Ornamen Imlek Dominan Warna Merah, Ternyata Ini Alasannya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 03:25 WIB
Imlek, ilustr.
Imlek, ilustr.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, biasanya kita banyak melihat berbagai ornamen khas Imlek berwarna merah di tempat umum. Namun tahukah kamu, mengapa Imlek identik dengan warna merah? Simak ulasannya berikut ini.

Ya, warna merah memang sudah melekat kuat dengan perayaan Imlek. Di mana perayaan Imlek, pasti berbagai ornamen berwarna merah. Lantas, mengapa Imlek identik dengan warna merah?

Mitos Makhluk Buas Saat Imlek

Pada perayaan Imlek, biasanya kita mendapati ornamen-ornamen berwarna merah mulai dari lampion, lentera, pernak-pernik, angpao hingga pakaian yang dikenakan. Asal mula warna merah pada perayaan Tahun Baru Imlek ini berasal dari binatang buas yang konon meneror penduduk desa bernama Nian yang memakan, hewan ternak, tanaman hingga anak-anak.

Baca Juga: 6 Larangan pada Pemerintahan Orde Baru (Orba) Pimpinan Soeharto, Salah Satunya Merayakan Imlek di Muka Umum

Nian berbentuk seperti seekor banteng jantan berkepala singa ini takut kepada 3 hal yakni, suara bising, api dan warna merah. Oleh karenanya saat Imlek, masyarakat menggunakan berbagai macam hal yang bernuansa merah yang dianggap untuk menangkal keberadaan makhluk tersebut. Petasan maupun kembang api juga bisa digunakan untuk menakuti Nian agar tidak mengganggu masyarakat yang sedang merayakan Imlek.

Sebagai Simbol Harapan

Dalam tradisi China, warna merah dianggap sebagai warna keberuntungan, munculnya energi positif, kesuburan hingga membawa keberkahan. Selain itu, warna merah menjadi simbol harapan di tahun baru, yang mana masyarakat mengharapkan suatu hal baik akan datang di kemudian hari dan berjalan sepanjang tahun.

Pada perayaan Imlek, masyarakat menggantung lentera dan gulungan kertas berwarna merah di luar pintu maupun jendela rumah yang bertujuan untuk menangkal kesialan.

Baca Juga: Serba-serbi Angpao Imlek, Triliunan Rupiah yang Berpindah Tangan dalam Satu Hari

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

Main di Sungai, 2 Anak di Cirebon Tenggelam

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:46 WIB
X