Mengangkasa Lagi, Garuda Kembali Layani Penerbangan Mulai 12 Januari

- Kamis, 13 Januari 2022 | 06:20 WIB
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Pixabay)
Pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. akhirnya melayani penerbangan umrah untuk jemaah Indonesia mulai hari ini. Pembukaan penerbangan ke Tanah Suci sempat tertunda lantaran terganjal peningkatan kasus Covid-19.

“Pada penerbangan perdana umrah di masa adaptasi kebiasaan baru ini, Garuda Indonesia mengangkut sedikitnya 257 Jemaah melalui layanan penerbangan langsung menuju Madinah,” ujar Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra pada Rabu, 12 Januari 2022.

Adapun maskapai pelat merah bakal membuka dua kali penerbangan setiap pekan pada Rabu dan Sabtu lewat Bandara Internasional Soekarno Hatta. Penerbangan umrah akan dilayani oleh armada Airbus A330-300 yang berkapasitas 24 penumpang kelas bisnis dan 263 penumpang kelas ekonomi.

Baca Juga: Garuda Indonesia Pangkas 2.400 Karyawan Sejak Awal Pandemi

Irfan memastikan seluruh calon jemaah telah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan ibadah umrah. Syarat itu mencakup vaksin Covid-19 dosis lengkap, karantina di Asrama Haji Pondok Gede selama 1x24 jam (atau H-1 keberangkatan), dan pemeriksaan tes PCR yang hasilnya diakui oleh Pemerintah Arab Saudi.

Setelah itu, jemaah akan menjalani karantina institusional di hotel yang telah tersertifikasi. “Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan penyelenggaraan ibadah umrah dan haji termasuk Kementerian Agama hingga layanan kebandarudaraan untuk memastikan syarat dari sisi regulasi terpenuhi,” ujar Irfan.

Baca Juga: Garuda Indonesia Resmi Berstatus PKPU, Bangkrut?

Irfan melanjutkan, calon jemaah asal Indonesia telah menunggu dua tahun untuk berangkat ke Tanah Suci. Pembukaan ibadah umrah sempat tersendat karena peningkatan varian Delta pada pertengahan 2021 lalu.

Garuda, kata Irfan, akan memantau perkembangan dan menjalin koordinasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan. "Untuk memastikan kelancaran perjalanan ibadah umrah bagi seluruh calon jemaah."(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

X