PNS dan Guru ASN-PPPK Wajib Baca! Ini Ketentuan Terbaru Usia Pensiun

- Kamis, 13 Januari 2022 | 11:25 WIB
PNS, ilustr.
PNS, ilustr.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Ketentuan terbaru usia pensiun PNS dan Guru ASN-PPPK akan diulas dalam artikel ini. Batas usia pensiun (BUP) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) diatur oleh pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Usia pensiun bagi PNS juga berbeda-beda sesuai dengan jabatannya. Seperti misalnya usia pensiun PNS yang menduduki jabatan administrasi berbeda dengan jabatan fungsional.

Dan berikut BUP PNS baik jabatan administrasi hingga jabatan fungsional, dilansir Okezone, Rabu (12/1/2022).

Ketentuan itu diatur dalam Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara K.26-30 I V.1 I9-2 199 dikeluarkan pada tanggal 3 Oktober 2017 mengenai Batas Usia Pensiun bagi PNS yang Menduduki Jabatan Fungsional.

Baca Juga: Terancam Tajir Nih! Tunjangan Pensiun PNS Bisa Tembus Rp 1 Miliar
1) 58 (lima puluh delapan) tahun bagi pejabat administrasi, pejabat fungsional ahli muda, pejabat fungsional ahli pertama, dan pejabat fungsional keterampilan;

2) 60 (enam puluh) tahun bagi pejabat pimpinan tinggi dan pejabat fungsional madya; dan

3) 65 (enam puluh lima) tahun bagi PNS yang memangku pejabat fungsional ahli utama

Adapun untuk batas usia pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2021.

Dalam peraturan tersebut bahwa PPPK adalah pegawai yang yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Baca Juga: Sri Mulyani Ngeluh! Dana Pensiun PPPK Harus Ditanggung Pusat 

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X