Kabar Buruk! Bukan Paru-paru, Ini Organ Penting Tubuh yang Diserang Virus Covid Varian Omicron

- Kamis, 13 Januari 2022 | 10:30 WIB
Ilustrasi omicron
Ilustrasi omicron

HARIANHALUAN.COM - Bagi masyarakat diharapkan lebih waspada lagi dan menjaga kesehatannya. Apalagi saat ini kasus Covid-19 varian Omicron sudah menyebar ke mana-mana.

Bahkan terbaru kali ini, sebuah rumah sakit di Israel menemukan kasus omicorn tidak menyerang paru-paru. Namun terjadi peradangan jantung pada pasien yang terinfeksi virus corona varian Omicron.

Dokter di Pusat Medis Sheba di Tel Hashomer mengatakan kepada Channel 12 News, bahwa seorang pria berusia 43 tahun dirawat di rumah sakit di bangsal virus corona mereka dan dirawat karena miokarditis (radang otot jantung).

Baca Juga: Terdeteksi 1.384 Probable, Kemenkes: Masyarakat Harus Siap Hadapi Gelombang Omicron

Ini adalah pertama kalinya kami melihat ini dengan Omicron,” kata Prof. Shlomi Matetzky, seorang ahli jantung di rumah sakit, dikutip dari Times of Israel.

“Ini adalah “perkembangan yang mengkhawatirkan yang perlu kita pikirkan. Kami terus mengawasi pasien yang saat ini dalam perawatan intensif,” tambahnya.

Varian virus corona sebelumnya Delta, juga telah diketahui menyebabkan miokarditis dan perikarditis (radang selaput di sekitar jantung).

Dalam kasus yang sangat jarang, ada juga kasus penyakit yang disebabkan oleh vaksin yang menggunakan teknologi MRNA, terutama pada pria yang lebih muda.

Rumah sakit mengatakan pria itu terakhir menerima vaksin booster pada Agustus 2021. Dia juga dinyatakan juga sehat tanpa kondisi kesehatan bawaan lain.

Baca Juga: WHO: Setengah Orang di Eropa akan Terinfeksi Omicron pada Maret 2022

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X