DPUPR Pasaman Bantah Proyek Jaringan Perpipaan Air Minum di Nagari Malampah Bermasalah

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pasaman, Bakhtiar membantah pekerjaan proyek jaringan perpipaan untuk air minum (SPAM) di Nagari Malampah bermasalah.

Ia mengatakan, bahwa proyek perluasan SPAM jaringan perpipaan dinagari itu sudah sesuai aturan dan tidak ada masalah. Bahkan, kata dia, proyek yang dikerjakan oleh CV Artha Karya dengan pagu anggaran Rp1,397 Miliar itu sudah diserah terimakan dan masih dalam tahap pemeliharaan.

"Sudah PHO pada tanggal 26 November 2021. Masa pemeliharaan pekerjaan jaringan perpipaan itu selama enam bulan. Diperkirakan berakhir di bulan Mei 2022. Secara fisik, pekerjaan oleh rekanan itu sudah oke. Dan, tidak ada masalah," ucap Bakhtiar, saat dihubungi, kemarin.

Baca Juga: Data BMKG Ungkap Sumber Gempa Sumur Banten Berhubungan dengan Megathrust

Namun, kata dia lagi, ada beberapa item pekerjaan yang perlu diperbaiki oleh pihak kontraktor tersebut. Salah satunya pada bagian timbunan.

"Timbunan pipa yang menjelang PHO kemarin, ada hujan lebat, lalu tergerus airlah timbunan pipa tersebut. Sehingga timbul seperti banda (parit), tapi tidak sampai ke bagian pipa didalam dan itu harus ditutup kembali," ujarnya.

Baca Juga: Proyek Perluasan SPAM Jaringan Perpipaan Nagari Malampah Diduga Bermasalah dan Rugikan Negara

Ia menambahkan, air tidak mengalir ke rumah-rumah warga karena pipa pada bagian hulu (reservoar) tersumbat oleh material pasir. Bukan karena terjadi gagal fungsi sebagaimana santer diberitakan.

"Itu karena hujan lebat, pipa tersumbat dibagian atas. Jadi itu akan dibersihkan oleh rekanan (kontraktor). Perbaikan dilakukan dalam satu minggu sudah selesai. Diperkirakan air bisa mengalir. Bagian yang tersumbat itu pada bagian reservoar masuk ke jaringan pipa. Bukan dibagian intake ke reservoar. Masalahnya dipipa," katanya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X