Wako Padang: Persiapkan Bekal Sebelum Kematian

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:45 WIB
Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu menjadi khatib Jumat di Masjid Raya Ganting, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur.
Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu menjadi khatib Jumat di Masjid Raya Ganting, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kematian merupakan sesuatu yang pasti akan kita hadapi. Oleh sebab itu, sebagai seorang muslim yang beriman perlu melakukan persiapan diri sebelum menghadapi kematian tersebut.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Hendri Septa sewaktu menjadi khatib Jumat di Masjid Raya Ganting, Kelurahan Ganting Parak Gadang, Kecamatan Padang Timur, dikutip dari Facebook Humas Kota Padang, Sabtu (15/1/2022).

Baca Juga: Awali Tahun 2022, Wako Padang Ajak ASN Tingkatkan Etos Kerja

Hendri Septa mengatakan, dalam Surat Al-Baqarah ayat 28, Allah SWT berfirman yang terjemahannya, bagaimana kamu ingkar kepada Allah, padahal kamu (tadinya) mati, lalu Dia menghidupkan kamu, kemudian Dia mematikan kamu lalu Dia menghidupkan kamu kembali. Kemudian kepada-Nya lah kamu dikembalikan.

"Ayat diatas menjelaskan kepada kita tentang kekuasaan Allah SWT. Ayat ini juga menunjukkan bahwa kita semua pasti mati dan kita semua pasti akan dibangkitkan kembali setelah kematian itu," ulas Hendri Septa.

Baca Juga: Wako Padang Harap Tapak Suci Jadi Primadona

Wako Hendri Septa melanjutkan, untuk menghadapi kematian, ada beberapa hal yang harus disiapkan, agar nantinya mati dalam keadaan husnul khatimah.

"Pertama, istiqamah dalam beribadah, yaitu konsisten menjalankan dan menjaga kualitas ibadah, yang juga didasari dengan keikhlasan, agar bernilai pahala di sisi Allah SWT," ujar Hendri Septa

"Kedua, menyiapkan amal yang terus mengalir pahalanya. Diantaranya adalah kita perlu mendidik anak-anak kita menjadi anak yang shaleh, mengajarkan kepada mereka ilmu yang bermanfaat, serta rajin berinfak dan bersedekah agar menjadi amal jariyah nantinya," lanjut Wako.

"Yang ketiga, berdoa agar mati dalam keadaan husnul khatimah. Tidak salah kiranya kita seorang mukmin wajib berdoa agar kita mati dalam keadaan husnul khatimah," jelas Hendri Septa.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Humas Kota Padang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB

Wako Padang: Persiapkan Bekal Sebelum Kematian

Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:45 WIB
X