Pencinta Korea Wajib Baca! Visa Hallyu Dirilis dan Diperkenalkan ke Publik, Apa Itu?

- Minggu, 16 Januari 2022 | 07:55 WIB
Korea selatan
Korea selatan

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Korea Selatan memperkenalkan jenis visa perjalanan baru. Perilisannya, yang dijadwalkan tahun ini, bertujuan "menarik talent budaya global." Karena itu, gagasan ini disebut visa Hallyu, yang mengacu pada fenomena "Hallyu" atau "Gelombang Korea."

Sebagaimana diketahui, istilah itu mengarah pada naiknya popularitas K-Pop, K-Drama, K-Beauty, dan film produk Negeri Ginseng di berbagai negara di dunia. Mengutip Koreaboo, Sabtu (15/1/2022), program visa Hallyu dirancang khusus sebagai respons terhadap gelombang Korea.

Jadi, ini dimaksudkan "untuk mendukung masuknya orang asing yang ingin belajar tentang budaya dan industri hiburan Korea." Seorang pejabat senior Kementerian Kehakiman Korea Selatan menjelaskan, program visa perjalanan ini tidak semata respons terhadap Hallyu, tapi juga pandemi.

Baca Juga: Pendaftaran Beasiswa S1 di Korea Selatan Dibuka, Cek Informasinya

"Kementerian Kehakiman telah mendorong program visa Hallyu di belakang melonjaknya permintaan akan pendidikan tentang konten budaya Korea, untuk menambah momentum lebih lanjut ke Korean Wave dan mendukung budaya lokal dan industri musik yang dilanda pandemi," katanya pada Korea Herald.

Syarat visanya, yakni pelancong harus berencana tinggal lebih dari 90 hari di Korea Selatan dan mendaftar di pendidikan terkait hiburan. Saat ini, tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan mengenai visa Hallyu.

Menurut pejabat tersebut, pihaknya akan memberi detail kententuan lebih lanjut terkait program visa tersebut pada paruh pertama tahun 2022. Ini termasuk mengenai durasi maksimum menginap dan kemungkinan persyaratan usia.

Baca Juga: Idol Korea Selatan yang Pernah Bermain Squid Game, Ada Suho EXO Hingga BTS


Antisipasi Publik

Beredarnya laporan itu membuat warganet mengantisipasi visa Hallyu. Banyak di antaranya yang menanti peluncuran program visa perjalanan tersebut, termasuk YouTuber konten kecantikan asal Inggris, James Welsh.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan 6

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X