Hindari Konsumsi 7 Jenis Makanan Ini jika Tak Ingin Jerawatan, Nomor 5 Yummy Banget

- Minggu, 16 Januari 2022 | 11:15 WIB
Ilustrasi bekas jerawat (FREEPIK)
Ilustrasi bekas jerawat (FREEPIK)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Meski termasuk ke dalam salah satu permasalahan umum di kulit, nyatanya kemunculan jerawat tetap dapat mengganggu rasa percaya diri kita. Tak heran, banyak orang berusaha menghindari makanan penyebab jerawat.

Sebenarnya jerawat dapat diakibatkan oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Namun satu hal yang pasti dan dapat kita kendalikan adalah faktor pemilihan makanan.

Dilansir dari laman Healthline, berikut 7 makanan penyebab jerawat. Batasi konsumsinya, yuk!

Baca Juga: Mengenal Dermaroller, Perawatan untuk Mengatasi Bopeng Jerawat

1. Biji-bijian dan Gula Halus

Salah satu makanan yang dapat menyebabkan jerawat di wajah adalah biji-bijian dan gula halus. Hal ini karena makanan tersebut mengandung terlalu banyak karbohidrat, bahkan tinggi insulin.

Makanan karbohidrat olahan seperti roti, pasta, soda, dan pemanis lainnya memang terbukti menjadi salah satu sumber jerawat.

2. Produk Susu

Pada beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang dengan rutin mengkonsumsi susu akan memiliki potensi berjerawat lebih tinggi.

Belum terlalu jelas bagaimana susu dapat berkontribusi dalam pembentukan jerawat. Walau begitu, ada beberapa teori yang menjelaskan bahwa susu akan memicu peningkatan kadar insulin yang bisa menyebabkan jerawat.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X