Camat di Pesisir Selatan Dilarang Tinggalkan Wilayah Tanpa Izin

- Minggu, 16 Januari 2022 | 18:55 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Kehadiran camat di wilayah tugas merupakan sebuah kewajiban yang harus ditaati. Sebagai perpanjangan tangan bupati di tingkat kecamatan, dia juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan semua komponen yang ada di wilayah tugasnya itu.

Berdasarkan hal itu, sehingga bila ada camat yang meninggalkan wilayahnya tanpa izin, atau tidak berdomisili di wilayah tugasnya, maka harus siap-siap mendapatkan sanksi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pesisir Selatan, Mawardi Roska, Rabu (5/1/2022) di Painan.

Baca Juga: Sony Batal Suntik Mati PS4 Karena PlayStation 5 Langka

"Sanksi tegas itu bisa dalam bentuk penarikan tugas ke kabupaten, hingga dalam bentuk pencopotan. Tapi sebelum sanksi itu diberlakukan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan hukum sekretaris daerah kabupaten (Sekdakab), akan memberikan pembinaan terlebih dahulu," katanya.

Dia menjelaskan bahwa sebagai perpanjangan tangan kepala daerah di tingkat kecamatan, maka sangat tidak dibolehkan camat meninggalkan wilayah tugasnya tanpa izin, apalagi sampai tidak berdomisili di wilayah tugasnya itu.

Baca Juga: Benarkah? Pria Ini Mengaku Ukuran Alat Vitalnya Mengecil Gara-gara Virus Corona

Disampaikan juga bahwa meninggalkan wilayah tugas, akan berpengaruh terhadap pelaksanaan dan kelancaran tugas-tugas pemerintahan serta pelayanan masyarakat di tingkat kecamatan.

"Makanya jika ketegasan ini tidak diindahkan, maka mereka (camat red) yang membandel akan dikenakan sanksi, baik dalam bentuk pencopotan, atau ditarik ke kabupaten," tegasnya.

Lebih jauh dijelaskan bahwa Pessel merupakan salah satu daerah di Sumbar yang rawan dengan berbagai bencana.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Pesisirselatankab.go.id

Tags

Terkini

Dinas Pertanian Lost DAK Tahun 2022 Ini

Selasa, 24 Mei 2022 | 14:15 WIB
X