Maksimalkan Pelayanan, RS BKM Sago di Pesisir Selatan Bisa Terbitkan Dokumen Kependudukan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 06:55 WIB
Rumah Sakit BKM Sago, Kecamatan IV Jurai menerbitkan dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.
Rumah Sakit BKM Sago, Kecamatan IV Jurai menerbitkan dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan memaksimalkan pelayanan di Rumah Sakit BKM Sago, Kecamatan IV Jurai. Pelayanan tersebut diantaranya menerbitkan dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak.

"Ya, kita terus melayani dan membahagiakan masyarakat dengan sepenuh hati. Cinta istri, Kartu Keluarga buktinya, sayang anak, Akta Kelahiran wujudnya, dan jaga diri, KTP caranya. Dalam hal ini, kita juga memaksimalkan pelayanan dokumen kependudukan di Rumah Sakit BKM Sago," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman Mansarin, Senin (17/1).

Lebih lanjut dikatakan, Disdukcapil Pesisir Selatan terus memaksimalkan berbagai inovasi aplikatif administrasi kependudukan dengan komitmen pelayanan membahagiakan masyarakat. Inovasi pelayanan itu seperti Salam Sapa ke Pintu Rumah, Layanan Berputar (Berkeliling Kampung Jemput Antar), Layanan Turut Berduka (Layanan Turun ke Rumah Duka) memberikan dokumen kematian, Layanan Pass Nikah (Pemberian Administrasi Status Saat Pernikahan).

Berikutnya, Lado Kutu (Pelayanan Dengan Melakukan Kerjasama Dengan Lembaga Pelayanan Publik), Layanan Sehat (Layanan Semoga Cepat Sehat), Layanan THR (Layanan Terpadu Hari Raya), Layanan Selamat Lahir (Layanan Setelah Lahir Mendapat Akta Kelahiran) dan Layanan Jebol Per Siswa (Layanan Jemput Bola Perekaman Siswa).

Menurutnya, program itu juga difokuskan pada warga yang memiliki keterbatasan mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil seperti lansia. Kemudian pelaksanaan di lapangan bekerjasama dengan register nagari yang merupakan jaringan kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Disebutkan, animo masyarakat mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil makin tinggi. Hal ini hendaknya dibarengi dengan pelayanan yang semakin baik. "Disdukcapil berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat yang berurusan merasa terlayani," ucapnya.(*)

Editor: Nova Anggraini

Terkini

X