Ibu Kota Baru RI Diberi Nama Nusantara, Ini Alasannya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 06:20 WIB
Ibukota Baru
Ibukota Baru

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa ibu kota baru di Kalimantan Timur akan diberi nama Nusantara.

"Ini saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah lagsung dari Bapak Presiden yaitu pada hari Jumat. Jadi sekarang hari Senin, hari Jumat lalu, dan beliau mengatakan ibu kota negara ini Nusantara," ujar Suharso dalam rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) dengan pemerintah di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Suharso mengatakan, nama ibu kota tersebut awalnya ingin dimasukkan ke dalam RUU IKN, tetapi ditahan sebelum akhirnya diberikan konfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Tunggu Pengesahan UU IKN

"Nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah dikenal sejak lama dan ikonik di internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua, Republik Indonesia," kata Suharso.

Sebelumnya, draf RUU IKN belum mencantumkan nama ibu kota baru sehingga hanya disebut sebagai "IKN" di dalam draf RUU tersebut.

Seperti diketahui Ibu kota negara (IKN) Indonesia akan pindah ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Sejumlah persiapan pun dilakukan, mulai dari peninjauan lokasi hingga desain istana negara baru. Beberapa pihak pun bahu-membahu dalam proses ini agar pemindahan dapat berjalan efektif.(*)

 

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

X