Pemkab Solok Selatan Kecipratan Rp10,2 Miliar dari Perpusnas RI

- Selasa, 18 Januari 2022 | 09:38 WIB
Yalasri
Yalasri

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok Selatan menerima kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 sebesar Rp10,2 miliar dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) untuk pembangunan gedung layanan perpustakaan daerah Solok Selatan.

"Terkait pengembangan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah mengajukan proposal pembangunan gedung layanan perpustakaan melalui DAK ke Perpusnas, proposal tersebut diajukan melalui aplikasi Krisna sejak Tahun 2018 lalu," ungkap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Yalasri SE MSi, Senin (17/1/2022).

Akhirnya pada tahun 2021, Perpusnas menyetujui usulan proposal pembangunan gedung layanan perpustakaan oleh Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang dianggarkan pada tahun 2022.

Baca Juga: Hakim Vonis 14 Tahun Penjara! Kejari Solok Selatan Eksekusi Terdakwa Rudapaksa Anak Tiri

Dijelaskan, pembangunan gedung layanan perpustakaan Kabupaten Solok Selatan merupakan wujud kontribusi nyata Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk merealisasikan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan terkait peningkatan sumber daya manusia yang berkarakter melalui layanan kepustakaan, baik pustaka digital maupun pustaka konvensional.

Lebih lanjut kepala dinas mengungkapkan bahwa saat ini tahapan pembangunan gedung telah memasuki proses persiapan tender dengan sistem Pra DIPA.

"Diharapkan dengan proses persiapan tender yang telah dimulai sesuai tahapan dan ketentuan, maka besar harapan kita pembangunan gedung layanan perpustakaan akan berjalan lancar sesuai estimasi waktu yang telah kita perkirakan," ujar Yalasri.

Gedung layanan perpustakaan nantinya akan dapat dijadikan sebagai tempat wisata literasi bagi masyakat Solok Selatan.

Baca Juga: Solok Selatan Sediakan Lantatur untuk Mudahkan Vaksinasi Masyarakat

Sebagai tempat rujukan perpustakaan di Solok Selatan, dengan peningkatan kunjungan pustaka juga akan berdampak terhadap peningkatan minat baca masyarakat.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X