Kemendag Jamin Keamanan Perdagangan Fisik Emas Digital

- Selasa, 18 Januari 2022 | 12:45 WIB
Indrasari Wisnu Wardhana
Indrasari Wisnu Wardhana

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memulai era baru dalam perdagangan fisik emas digital di bursa berjangka.

Investasi emas tidak terbatas pada kepemilikan fisik, tetapi juga dapat bertransaksi secara daring melalui perdagangan fisik emas digital.

"Meski dilakukan secara digital,  fisik emasnya ada di lembaga penjaminan.  Kemendag menjamin perdagangan fisik emas digital ini mudah,  aman dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Plt Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana, di Jakarta, Selasa (18/1/2021).

Baca Juga: Investasi Emas Digital Makin Diminati, Bagaimana Potensi Cuannya?

Dijelaskan, Bappebti berkomitmen menciptakan sarana berinvestasi yang mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat serta memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan industri perdagangan fisik emas digital melalui bursa berjangka,.

Menurut Wisnu, Bappebti telah memberikan persetujuan kepada PT Indonesia Logam Pratama (merek dagang Treasury) dan PT Sehati Indonesia Sejahtera (Sakumas) sebagai pedagang fisik emas digital.

Dengan terbitnya persetujuan tersebut, masyarakat sudah dapat membeli langsung emas digital ke pedagang fisik emas digital yang telah mendapat persetujuan dari Bappebti.

Menurut Wisnu, pemberian persetujuan ini sesuai amanat Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Perdagangan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka serta Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka dan perubahannya.

Baca Juga: Emas Antam Dijual Rp938.000 di Akhir Pekan, Berikut Rincian Harganya

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X