Rencana Pembangunan Tol Dharmasraya-Rengat Masuk Tahap Administrasi

- Selasa, 18 Januari 2022 | 12:55 WIB
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, saat ini rencana pembangunan feeder tol Dharmasraya-Rengat masuk proses administrasi. Bila nanti selesai, bisa memangkas waktu tempuh ke Jakarta via tol hingga 11 jam.

“Proses RTRW (Rancangan Tata Ruang Wilayah) provinsi dan kabupaten. Pak gubernur (Gubernur Sumbar Mahyeldi) berjanji, dalam pertengahan tahun ini diselesaikan RTRW provinsi,” katanya, Minggu (16/1/2022).

Sutan Riska mengatakan, bila nanti selesai, feeder tol ini akan memangkas waktu tempuh ke Jakarta hingga 11 jam.

Baca Juga: Menko Luhut Singgung Akses Tol Dharmasraya di Rakernas APKASI

“Dari Dharmasraya ke Jakarta, saat ini butuh waktu 24 jam. Bila feeder tol ini selesai dan tol tersambung dari Rengat hingga Lampung, hanya butuh waktu 13 jam,” tuturnya.

Itu artinya, bila diambil patokan dari Padang yang saat ini butuh waktu standar sekitar 30 jam ke Jakarta. Bila tol lintas timur selesai dan dapat diakses dari Dharmasraya, hanya butuh waktu sekitar 19 jam.

Rencana pembangunan feeder tol dari Dharmasraya di Sumbar hingga ke Rengat, Riau tersebut sudah resmi masuk rencana umum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Sebelumnya, Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono menyampaikan hal tersebut dalam surat tertanggal 15 Desember 2021. Dalam surat itu Menteri Basuki menyatakan, usulan jalan tol tersebut dapat dicantumkan dalam Rencana Umum Jaringan Bebas Hambatan Direkturan Jenderal Bina Marga.

Baca Juga: Lewati 3 Daerah, Pusat Setujui Bangun Feeder Tol JTTS Dharmasraya

Dalam surat itu, Basuki mengingatkan agar segera memasukkan rencana pembangunan jalan tol ini ke dalam revisi RTRW. Tindak lanjut surat menteri inilah yang sedang dikerjakan Pemprov Sumbar bersama Pemkab Dharmasraya.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X