Hati-hati, Angin Kencang hingga Gelombang Tinggi Masih Intai Sumbar

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi hujan dan petir disertai angin kencang (Pixabay)
Ilustrasi hujan dan petir disertai angin kencang (Pixabay)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Teluk Bayur mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Sumatera Barat (Sumbar). Berlaku Rabu (19/1/2022), diprediksi cuaca secara umum hujan sedang hingga lebat.

Sedangkan, angin bertiup dari arah Barat - Utara dengan kecepatan angin 1 - 20 knot. Ketinggian gelombang laut secara umum kategori Rendah - Tinggi.

Baca Juga: Tahun Baru, Waspada Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Sumbar

Mengutip laman BMKG, masyarakat perlu mewaspadai gelombang tinggi 0.75 - 2.50 meter yang berpeluang di wilayah Perairan barat Kep. Mentawai, dan Perairan timur Enggano.

Waspada juga dengan potensi gelombang ketinggian 0.50 - 2.00 meter yang berpeluang terjadi di wilayah Perairan utara Siberut.

Baca Juga: Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang di Garegeh Bukittinggi

Perlu juga waspada gelombang dengan ketinggian 1.00 - 3.00 meter yang berpeluang terjadi di wilayah Samudera Hindia barat Mentawai, dan Samudera Hindia barat Bengkulu.

"Waspada angin kencang mencapai 20 knots dari Barat - Utara berpotensi terjadi di seluruh wilayah Perairan Sumatera Barat dan Bengkulu," imbau BMKG.

Untuk prakiraan pasang surut Teluk Bayur, masyarakat diminta waspada pasang dengan ketinggian 1.3 meter. Diprediksi juga surut ketinggian 0.3 meter.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X