Waspada, Varian Omicron Sudah Masuk Kepri

Dodi Caniago
- Kamis, 20 Januari 2022 | 05:25 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.


HARIANHALUAN.COM - Varian baru OmicronCovid-19, diduga telah masuk Kepri. Dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) didiagnosa positif  Omicron.

Baca Juga: Viral! Pria Asal Payakumbuh Aksi Panjat Tower di Pekanbaru

Dua pasien tersebut kini sudah menjalani perawatan di RSKI Galang. Masyarakat diimbau agar tidak panik dengan ditemukannya dua kasus Omicron pertama di Kepri itu.

Menurut Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana, dua PMI yang didiagnosa positif omicron tersebut dipastikan tidak berkontak erat dengan masyarakat umum. Karena, saat tiba di Batam langsung ditangani dan dikarantina terpadu.

“Karena, penanganan PMI ini langsung dikawal Satgassus yang dipimpin oleh pak Danrem. Jadi, saat dikarantina merek juga tidak boleh keluar, sehingga dipastikan tidak ada kontak dengan masyarakat,” kata Tjetjep sepwerti dilansir presmedia.id, Rabu (19/1/2022).

Ia menjelaskan, hasil positif Omicron ini merupakan hasil uji sampel tahap pertama dengan metode S gene mutant identification test (Smit) yang dilakukan BTPKLM Batam.

Selanjutnya, sampel positif tersebut dibawa ke Kemenkes untuk diuji dengan metode whole genome sequencing (WGS) dengan tujuan menguatkan kebenaran tersebut.

“Yang perlu diketahui, ini baru tes tahap awal, makanya untuk menguatkan Omicron itu kita bawa sampel ke Kemenkes untuk diuji kembali,” katanya.

Kendati demikian, lanjut Tjetjep, saat hasil tes pertama keluar kemarin, pihaknya langsung melakukan tracing terhadap PMI lainnya yang kontak erat dengan pasien positif. Hal itu dikarenakan, kedua pasien positif tersebut sempat tiga berkontak erat dengan PMI lainnya di lokasi karantina salah satu rusun di Batam.

Baca Juga: Dipicu Kepulangan PMI, Kasus Covid-19 Melonjak di Kepri

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: presmedia.id

Tags

Terkini

X