Banyak yang Sakit dan Mati, Poktan di Tanah Datar Keluhkan Bantuan Sapi Dana Pokir DPRD Sumbar

- Kamis, 20 Januari 2022 | 19:45 WIB
Bantuan sapi dari Dinas Peternakan Sumbar.
Bantuan sapi dari Dinas Peternakan Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kelompok Tani (Poktan) Sago Lestari Jorong Tanjung Modang, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar mengeluhkan pengadaan sapi dan kambing di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar.

Pasalnya, proses bantuan dilakukan dengan memanfaatkan dana Pokir (Pokok Pikiran) anggota DPRD Sumbar yang dititipkan melalui OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) terkait tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga: Jubir Pemprov Sumbar Tegaskan Pengadaan Sapi di Disnak Keswan Sudah Sesuai Prosedur

Menurut salah seorang Poktan, bahwa asal bantuan sapi tersebut berasal dari dana pokir anggota DPRD Sumbar, Jefri Masrul dari Lintau Buo.

"Di Kabupaten Tanah Datar bermasalah seluruh sapinya. Dana yang dianggarkan untuk kelompok Rp230.000.000," katanya dalam keterangan yang diterima Harianhaluan.com.

Baca Juga: DPRD Salurkan Pokir Berupa Hibah Sapi ke Kelompok Tani di Pessel

Berdasarkan Surat Edaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, disebutkan bahwa sehubungan dengan telah ditetapkan nama-nama petugas pendamping di Kelurahan masing-masing. Maka dengan ini diberitahukan pengumuman sebagai berikut.

1. Pendamping bertanggung jawab dalam pengawasan di Kelurahan mulai dari CPCL, pendistribusian bahan kandang, pendistribusian pakan dan kedatangan ternak

2. Berhubung pemenang bahan kandang di provinsi sudah kena SP3 karena kelalaian pihak rekanan dalam hal penyediaan, maka diminta kepada petugas pendamping untuk  memberitahukan kelompok jika berkenan kelompok untuk menyediakan kandang lebih dulu tanpa menunggu kedatangan bahan kandang dari provinsi. Silahkan kelompok untuk menyegerakannya mengingat ternak sudah tersedia tinggal pendistribusian saja lagi baik itu sapi, kambing itik dan ayam.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X