Bank Nagari Dipercaya Kembali Salurkan KUR Tahun 2022 dengan Pagu Rp1,35 Triliun

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:46 WIB
Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad dan Direktur Kredit & Syariah, Gusti Candra.
Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad dan Direktur Kredit & Syariah, Gusti Candra.




PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Keberhasilan dan kinerja penyaluran KUR Bank Nagari tahun 2021 sebesar Rp1,6 triliun, mendapatkan apresiasi dari Pemerintah. Dampak positifnya, Bank Nagari masuk dalam nominasi penerima penghargaan penyaluran KUR Tahun 2021.

“Bank Nagari juga dipercaya kembali sebagai Bank Penyalur KUR pada Tahun 2022 surat Kementerian Koordinator Perekonomian RI nomor B/KUR/287/D.I.M.EKON/12/2021 tanggal 31 Desember 2021, Bank Nagari diberikan plafond penyaluran KUR tahun 2022 sebesar Rp1,35 triliun atau lebih tinggi Rp150 miliar dari pagu awal tahun 2021 yang sebesar Rp1,2 triliun,” kata Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad didampingi para Direksi dan Dewan Komisaris Bank Nagari, saat jumpa pers tentang Ekspose Kinerja Keuangan Bank Nagari tahun 2021 (kondisi un audited/sebelum diaudit), di Kantor Pusat Bank Nagari Jl Pemuda no. 21 Padang, Jumat (21/1).

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2021, Bank Nagari Realisasikan KUR Senilai Rp1,6 Triliun

Lebih jauh Direktur Kredit & Syariah, Gusti Candra, menyampaikan bahwa alokasi plafond KUR tahun 2022 sebesar Rp1,35 triliun tersebut terdiri dari KUR Super Mikro sebesar Rp12 miliar, KUR Mikro sebesar Rp140 miliar dan KUR Kecil sebesar Rp1,198 triliun. Kuota KUR tersebut dapat disalurkan melalui bank konvensional dan syariah.

Gusti Candra juga menerangkan bahwa pemerintah tetap memberikan suku bunga/margin KUR tahun 2022 yang ringan kepada nasabah yaitu hanya 6 persen per tahun atau hanya 0,5 persen per bulan.

“Di tengah-tengah upaya kebangkitan usaha dan recovery ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 ini, maka ketersediaan akses pembiayaan usaha berupa modal kerja dan investasi melalui skim KUR ini, merupakan suatu peluang dan angin segar bagi masyarakat untuk senantiasa optimis dan bangkit kembali untuk menjalankan usahanya agar mampu bertahan dan menyesuaikan diri pada pola kehidupan sesuai adaptasi kebiasaan baru,” kata Gusti Candra.

Muhammad Irsyad dan Gusti Candra mengajak masyarakat pelaku usaha UMKM untuk bangkit kembali dan lebih bersemangat menjalankan usahanya melalui dukungan permodalan usaha melalui KUR.

Untuk informasi lebih lanjut, sejak awal tahun 2022 ini masyarakat yang membutuhkan KUR dapat mendatangi Kantor Cabang dan Cabang Pembantu Bank Nagari yang tersebar di seluruh wilayah Sumatra Barat, atau dapat juga bertanya langsung kepada petugas kredit/pembiayaan lapangan Bank Nagari yang senantiasa berada di lapangan. Bank Nagari akan memberikan penjelasan dan edukasi yang sebaik-baiknya, serta proses KUR di Bank Nagari selama ini sudah berjalan dengan mudah dan proses pemberian keputusan yang cepat.

Muhammad Irsyad juga memohon dukungan dan sinergi dari Pemerintah Daerah melalui pejabat dan dinas terkait untuk ikut melakukan sosialisasi dan pemberitahuan informasi tentang KUR Bank Nagari tahun 2022 ini kepada masyarakat yang membutuhkan, baik secara orang perorangan maupun edukasi dan informasi melalui koperasi, kelompok tani, dan komunitas ekonomi masyarakat lainnya. Harapan Bank Nagari tentunya selaras dengan harapan Pemerintah Daerah yaitu agar perekonomian dan daya beli masyarakat lebih bergerak sejak awal-awal tahun 2022 ini. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: Atviarni

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X