Mengenal Thalassophobia, Takut Berlebihan Terhadap Laut dan Pantai

- Minggu, 23 Januari 2022 | 06:20 WIB
Laut, ilustr.
Laut, ilustr.

HARIANHALUAN.COM - Pernah merasa takut ketika berada di pantai atau laut? Bisa jadi itu karena thalassophobia. Yuk, kenali fobia yang berhubungan dengan laut dan pantai ini.

Melansir Medical News Today, pada Jumat (21/1/2022) thalassophobia adalah seseorang yang memiliki ketakutan pada luasnya atau kekosongan lautan, makhluk laut di dalam air, atau keduanya. Ini berbeda dengan aquaphobia atau ketakutan terhadap air.

Thalassophobia bisa terjadi karena adanya pengalaman buruk dengan laut atau merasa tidak aman dengan kondisi lautan. Bisa saja, hal tersebut terjadi setelah melihat satu peristiwa besar seperti serangan hiu atau tsunami, meski dari siaran televisi.

Baca Juga: Kenali Anthrophobia, Fobia Takut Bertemu Manusia yang Naik saat Pandemi

Ketakutan berlebihan ini sering terjadi pada usia dini, hingga penyebab awal fobia laut menjadi sulit untuk diingat. Meski begitu, thalassophobia bisa disembuhkan dengan terapi bicara untuk mengurangi kecemasan yang ditimbulkan karena teringat akan perasaan buruk pada lautan.

Thalassophobia juga memunculkan berbagai gejala. Orang dengan thalassophobia biasanya akan terlihat ketika mereka berada di dekat laut atau melihat laut. Berikut adalah gejala-gejala yang ditimbulkan thalassophobia, seperti dilansir Medical News Today.

Gejala Thalassophobia

1. Takut berada di dekat laut.

2. Takut pergi ke laut atau mengunjungi pantai.

3. Enggan bepergian dengan kapal.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Liputan6.com

Tags

Terkini

Wabah PMK Merebak, DPR: Perlu Langkah Strategis

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:00 WIB
X