Pemberian Vaksin Covid-19 Tanpa Disuntik Sedang Diuji Coba

- Minggu, 23 Januari 2022 | 08:40 WIB
Vaksin covid 19 (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)
Vaksin covid 19 (foto ilustrasi: pikiran-rakyat.com)

HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan sedang mengerjakan alternatif untuk vaksin Covid-19 yang bisa diberikan tanpa suntikan, tetapi melalui hidung.

Seperti dikutip dari DW, para ilmuwan di Meksiko saat ini mencoba membuat vaksin yang bisa diberikan melalui hidung yang disebut Patria - yang berarti tanah air dalam bahasa Spanyol. Mereka berharap vaksin ini bisa segera memulai uji klinis.

Ketua Departemen Mikrobiologi di Ichan School of Medicine, Mount Sinai Hospital, Amerika Serikat Peter Palese mengembangkan bahan utama yang digunakan dalam vaksin nasal bersama tim penelitinya.

Baca Juga: Ingat! Vaksin Lengkap Jadi Syarat Masuk Hotel hingga Supermarket

Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan salah satu keuntungan utama dari vaksin nasal yakni kemampuannya untuk disimpan di lemari es pada suhu 2-4 derajat Celcius, ketimbang suhu sangat rendah untuk Pfizer dan Moderna.

"Jauh, jauh lebih murah untuk memproduksi vaksin ini dibandingkan dengan vaksin mRNA oleh Pfizer dan Moderna," kata Palese. Uji coba fase satu dan dua saat ini sedang difasilitasi secara paralel karena urgensi pandemi.

Orang-orang dari lima negara terlibat dalam uji coba dan data awal diharapkan pada Juli ini.

"Ini bekerja dengan baik pada hewan, kami memiliki penelitian yang fantastis dan menarik pada hamster dan tikus, tetapi jelas tikus dan hamster bukanlah manusia," tutur Palese.

Baca Juga: Duh! Bulan Ini Lebih dari 1 Juta Vaksin Hampir Kadaluarsa

Di sisi lain, para ilmuwan di Washington University di St Louis juga sedang mengerjakan vaksin nasal Covid-19. Tim peneliti yang dipimpin pakar imunologi virus Michael Diamond dan ahli onkologi David Curial menemukan, tikus yang menerima dosis tunggal vaksin melalui hidung sepenuhnya terlindungi dari SARS-CoV-2. Tetapi tikus yang menerima vaksin yang sama melalui suntikan hanya terlindungi sebagian.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Wabah PMK Merebak, DPR: Perlu Langkah Strategis

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:00 WIB
X