Bantu Pemasaran UMKM, Pemkab Agam Bakal Bentuk BUMD

- Minggu, 23 Januari 2022 | 07:26 WIB
Bupati Agam Andri Warman saat meninjau UMKM di Milad IKLA. (AMC News)
Bupati Agam Andri Warman saat meninjau UMKM di Milad IKLA. (AMC News)

LUBUK BASUNG, HARIANHALUAN.COM - Dalam mendorong kemajuan usaha, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Agam masih terkendala soal jaringan pemasaran sehingga rencana pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di daerah menjadi angin segar bagi mereka.

Seperti yang diutarakan pelaku UMKM asal Jorong Galapuang, Kecamatan Tanjung Raya, Netti Sumarni (50).

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), selama pandemi Covid-19 mendera, dirinya mengaku mengalami kendala soal pemasaran produk olahan rinuak miliknya.

Baca Juga: Bupati Agam Hadiri Milad IKLA Provinsi Riau ke-21

“Akibat pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun ini, membuat kami hanya bisa melayani pemesanan secara online, sementara susah menembus super market di masa pandemi ini,” ujarnya di sela Bazar UMKM pada Milad IKLA di Pekanbaru, Sabtu (22/1/2022).

Menurutnya, pemasaran produk secara online saat ini belum memberikan dampak signifikan terhadap usahanya. Ia masih percaya pemasaran secara konvensional di gerai-gerai usaha seperti minimarket atau swalayan lebih efektif mendongkrak jumlah pemasaran.

“Kami berharap pemerintah daerah dapat mendukung kemajuan usaha kami dengan membantu jaringan pemasaran, karena kami sangat terkendala dengan hal itu saat ini,” tuturnya.

Baca Juga: UMKM Agam Bakal Dapat Bantuan Penguatan Modal Usaha Rp2,4 Juta Selama 4 Bulan

Diungkapkan Netti, saat ini ia hanya menggantungkan mata pencahariannya di sektor UMKM olahan rinuak. Ia terpaksa mengalihkan usaha karamba jaring apung ke usaha kuliner, lantaran kondisi Danau Maninjau yang makin tercemar.

“Ini juga bentuk peralihan usaha di salingka Danau Maninjau, karena berkaramba tidak memungkinkan lagi, untuk itu kami berharap pemerintah mendukung usaha UMKM kami ini dalam rangka meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Netti.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Terkini

Bank Nagari Raih TOP BUMD 2022 dari Infobank

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:19 WIB
X