Andi Sudirman Sulaiman, Adik Menteri Kabinet Jokowi yang jadi Gubernur Termuda Indonesia Saat ini

- Minggu, 23 Januari 2022 | 13:40 WIB
Andi Sudirman Sulaiman.  (Instagram.com/@andisudirman.sulaiman)
Andi Sudirman Sulaiman. (Instagram.com/@andisudirman.sulaiman)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak Nurdin Abdullah, mantan Gubernur Sulawesi Selatan diberhentikan dari jabatannya atas dugaan kasus gratifikasi atau suap proyek di Sulawesi Selatan pada Februari 2021, Andi Sudirman Sulaiman sebagai wakil gubernur akhirnya ditunjuk untuk menggantikan.

Andi Sudirman yang merupakan adik kandung dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman itu, selanjutnya disebut sebagai gubernur termuda.

Penunjukan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan baru sesuai dengan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Sulawesi Selatan masa jabatan tahun 2018-2024 dan penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan 2018-2023. Dalam Kepres tersebut berisi beberapa poin di antaranya:

Baca Juga: Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan Siap Beroperasi

Pertama, mengesahkan pemberhentian Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2018-2023

Kedua, menunjuk Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulsel masa jabatan 2018-2023 sebagai pelaksana tugas untuk melaksanakan wewenang dan kewajiban sebagai Gubernur Sulsel masa jabatan tahun 2022-2023.

Ketiga, pelaksanaan lebih lanjut Kepres ini dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri.

Melansir dari laman sulselprov.go.id, Andi Sudirman Sulaiman lahir di Kabupaten Bone pada 25 September 1983. Dia adalah anak ke dua dari sebelas bersaudara. Ayahnya merupakan seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan petani, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga.

Pada 1995 Andi Sudirman menamatkan jenjang pendidikan sekolah dasar, kemudian beralih ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ujung Lamuru Lappariaja, Bone.

Baca Juga: Jokowi dan Iriana ke Sulawesi Selatan Kompak Pakai Kemeja Putih

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Wabah PMK Merebak, DPR: Perlu Langkah Strategis

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:00 WIB
X