Dipimpin Syofyan Datuk Bijo, Hendri Septa Kukuhkan FKKA9 Nagari Padang

- Minggu, 23 Januari 2022 | 19:30 WIB
Wako Padang, Hendri Septa.
Wako Padang, Hendri Septa.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa mengukuhkan secara resmi pengurus Forum Komunikasi Kerapatan Adat 9 Nagari (FKKA9 Nagari) Kota Padang periode 2020-2025 yang dipimpin Syofyan Datuk Bijo di Halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Kilangan Sabtu, (22/1/2022).

Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya mengaku mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus FKKA9 Nagari Kota Padang tersebut.

Baca Juga: Motivasi ASN, Wako Padang: Mari Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

"Semoga FKKA9 Nagari Kota Padang senantiasa eksis dan mampu menjalankan programnya di tengah masyarakat. Pemerintah Kota Padang siap bersinergi dan berkolaborasi tentunya," sebut Wali Kota yang disambut antusias hadirin saat itu dikutip dari Humas Kota Padang, Minggu (23/1/2022).

Wako Padang juga menceritakan terkait arus globalisasi yang begitu pesat saat ini. Selain berdampak positif bagi kemajuan kehidupan manusia sebaliknya juga berpengaruh terhadap adat dan budaya di Kota Padang.

Baca Juga: Wako Padang Resmikan Pusat Promosi UP2K PKK Kecamatan Bungtekab

"Oleh karenanya peran ninik mamak dan bundo kanduang serta peran pengurus FKKA9 Nagari Kota Padang begitu besar untuk mengantisipasi pengaruh arus globalisasi tersebut. Terutama dalam membimbing anak kemenakan generasi muda Kota Padang agar selalu berada di jalan yang benar," ujarnya.

Selanjutnya Hendri juga mengutarakan dampak negatif lainnya dari kemajuan era globalisasi saat ini. Diantaranya yaitu terjadinya pergeseran nilai-nilai kehidupan, adanya kecenderungan melunturnya kekerabatan serta mulai merenggangnya hubungan sosial sejalan dengan semakin berkurangnya pemahaman adat dan agama.

"Oleh karena itu, kekhawatiran akan hilangnya nilai filosofi adat basandi syarak-syarak basandi kitabullah (ABS-SBK) harus kita fikirkan. Sebab bukan tidak mungkin adat dan budaya akan tinggal slogan saja, bila tidak dijaga dan disikapi dengan cermat."

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Humas Kota Padang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Padang Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2021

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:51 WIB

BBM Lancar Selama Lebaran, Andre Puji Pertamina

Jumat, 13 Mei 2022 | 15:15 WIB
X